Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

10 Sep 2021

Ruang Keluarga - Rumah & Keluarga

Si Kutu Buku Akan Tertarik Dengan Ide Rak Buku Ini

Bagi kamu yang merasa kutu buku, koleksi buku harus membutuhkan tempat penyimpanan khusus. Umumnya, rak buku adalah solusi terbaik. Seiring dengan perkembangan desain interior, rak buku telah menjadi bagian penting dalam pendukung nuansa estetik. Terdapat trik dasar penyimpanan buku yang baik agar menjaga kualitas dan daya tahan buku. Salah satunya yaitu menyusun buku kecil dalam posisi tegak guna menjaga kondisi punggung buku. Sedangkan untuk buku berukuran besar, kamu dapat menyimpannya dengan cara ditidurkan secara horizontal. Lalu, bagaimanakah desain rak buku yang bisa jadi inspirasi? Berikut informasi yang dapat kami berikan!

 

1. Rak yang menyatu dengan langit-langit rumah


Ide rak ini memiliki fungsi yang beragam. Selain untuk menyimpan buku, rak model ini juga mampu membagi ruang. Fungsi partisi ini cukup menarik karena tidak terlalu membuat ruang menjadi gelap karena celah celah di rak buku tetap mampu menyalurkan cahaya alami dari jendela. 

 

2. Susunan rak arah diagonal

Ide rak buku ini sungguh unik. Kamu bisa menggunakan ide rak ini untuk penempatan di lorong rumah. Ide rak ini membutuhkan lebar sekitar 30 sentimeter lebih luas dibandingkan rak buku pada umumnya. Tampilan rak juga tidak menghadap ke depan, tetapi disesuaikan dengan tingkat kemiringan diagonal susunan rak.

 

3. Built in di kamar tidur

Momen terbaik membaca buku salah satunya adalah di kamar tidur. Dengan membuat rak dekat dengan tempat tidur, kamu lebih mudah mengakses koleksi buku yang tersusun rapi. Ide rak buku built-in bisa menjadi solusi untuk menghemat area di dalam kamar. 

 

4. Built in di ruang keluarga

Ruang keluarga yang rapi merupakan impian penghuni rumah, terutama dengan beragam aktivitas yang dapat dilakukan di area ini, seperti kumpul keluarga, menonton bersama, duduk santai, dan kegiatan menyenangkan lainnya. Rak buku built-in bisa menjadi solusi hiburan bagi keluarga dengan cara meletakkannya di salah satu sudut ruangan agar terkonsentrasi. Ide ini juga mencegah agar ruang keluarga terlihat tidak terlalu penuh.

 

5. Rak buku rendah


Tidak hanya laci yang menjadi tempat penyimpanan rendah, rak buku juga bisa. Anda hanya memerlukan ukuran rak 1 meter di atas tinggi lantai untuk meletakkan buku. Ide ini semakin ideal apabila kamu meletakkan di depan jendela untuk menghindari kontak langsung susunan buku dan cahaya dari luar rumah.

 

Berikut adalah ide-ide rak buku unik. Apabila kamu memiliki hunian minimalis, ide ini sangat cocok untuk diterapkan, terutama dalam pemanfaatan ruang dan mencegah tumpukan buku tidak membuat sesak rumah. Simak terus berbagai artikel desain interior persembahan masterumah.id



Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin