Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

10 Sep 2021

Ruang Keluarga - Aktivitas Keluarga

Cara Ampuh Usir Nyamuk di Teras Rumah

Sebagai sebuah ruang yang berada di outdoor, teras rawan menjadi tempat nyamuk hinggap. Dengan kondisi tersebut, penghuni rumah sering kali tidak betah untuk berlama lama di teras. Padahal, teras merupakan yang dapat membuat penghuni betah berlama-lama di sana, terutama untuk bersantai atau ngobrol bersama anggota keluarga.

 

Biasanya apabila nyamuk berada di dalam ruangan, upaya untuk mengatasinya akan lebih mudah. Seperti membakar obat nyamuk, menyemprotkan cairan anti nyamuk, hingga menghidupkan alat anti nyamuk elektronik. Namun hal tersebut tidak akan efektif dilakukan di luar rumah.

 

Nyamuk merupakan masalah serius bagi penghuni rumah. Resiko-resiko penyakit seperti malaria dan demam berdarah mengincar penghuni rumah apabila terus membiarkan nyamuk memenuhi teras rumah.

 

Untuk itu, pengusiran nyamuk harus dilakukan dengan cara mengetahui terlebih dahulu asal dari kembang biak nyamuk tersebut. Genangan di jalan depan rumah, taman atau got bisa menjadi alasan. Oleh karena itu, cek secara rutin apakah ada genangan air dan bersihkan jika ada. Selain itu, terdapat langkah-langkah lain yang harus kamu lakukan untuk menyingkirkan serangga penghisap darah tersebut. Ini dia tipsnya!

 

1. Cek dan rawat sumber air di teras


Sering kali, teras menyediakan keran, bak air, hingga kolam untuk mengairi tanaman di taman. Namun apabila tidak dicek dan dibersihkan, hal ini bisa jadi alasan nyamuk berkembang biak. Oleh karena itu sedari dini, bunuh telur nyamuk dengan larvasida. Selain itu, kamu juga bisa membasmi telur nyamuk dengan memelihara ikan yang memakan jentik nyamuk seperti catfish, goldfish, bass, dan lain-lain.

 

2. Sediakan kipas di teras


Kipas adalah alat tradisional pengusiran nyamuk yang cukup ampuh. Hembusan angin membuat nyamuk tidak nyaman untuk terbang di area yang terkena hembusan angin kapas. 

 

3. Tanaman pengusir nyamuk


Tanaman hias juga merupakan cara tradisional pengusiran nyamuk. Dengan memanfaatkan bebauan bunga/tanaman, nyamuk menjadi tidak nyaman dan menyingkir dari ruangan yang ditaruh oleh bunga tersebut. Bunga lavender adalah bunga utama musuh nyamuk. Selain lavender, kamu juga bisa menanam serai, basil, sage dan marigold.

 

4.Bersih-bersih halaman


Semua strategi pengusiran nyamuk tidak akan berhasil apabila lingkungan teras kotor. Apalagi kekotoran tersebut menimbulkan genangan air dan ruang berdebu. Oleh karena itu, jaga halaman untuk tetap rapi setiap hari.

 

Jangan sampai anggota keluarga menjadi korban dari bahaya nyamuk yang hidup dan tumbuh kembang di teras rumah. Simak terus berbagai artikel tips pembersihan rumah persembahan masterumah.id



Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin