Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

03 Sep 2021

Inspirasi Konstruksi - Material Bangun

Pilih Sesuai Kebutuhan, Berikut Jenis-Jenis Plafon Rumah Minimalis

Plafon memegang peranan penting dalam konstruksi bangunan sebuah rumah, yaitu sebagai penutup dari sebuah bangunan. Sama seperti halnya loteng, plafon memainkan peran penting untuk mencegah cuaca panas atau cuaca dingin agar udara tersebut tidak langsung masuk ke rumah. Namun seiring dengan meningkatnya tren rumah minimalis dan pertimbangan desain interiornya, plafon kini juga menampilkan kesan estetik yang penting pula seperti halnya dinding rumah. Oleh karena itu, kenali jenis plafon dan sesuaikan dengan kebutuhan hunian. Melalui artikel ini, kami sampaikan berbagai jenis plafon beserta keunggulan-keunggulannya!

 

1. Plafon Gypsum


Plafon satu ini merupakan jenis yang paling populer digunakan pada rumah minimalis. Kelebihannya, plafon gypsum tidak terlalu repot saat disambung dan dapat ditutup dengan sempurna. Kesan estetik pasti dapat ditampilkan dari penggunaan plafon gypsum. Pemasangan plafon sendiri membutuhkan rangka kayu dan furing. Untuk pilihan motif, jenis ini memiliki varian yang bermacam-macam, sesuaikan dengan selera dan kebutuhanmu!

 

2. Plafon eternit


Plafon jenis ini paling sering digunakan di ruang perkantoran. Namun, eternit kini telah tren juga untuk digunakan pada hunian minimalis. Plafon eternit memiliki kelebihan pada ketahanannya terhadap api dan tidak mudah rusak apabila terkena air. Namun, perhatikan dengan baik proses pemasangan karena plafon tipe ini terkenal cukup rapuh. 

 

3. Plafon metal


Metal memberikan pancaran maksimal bagi sentuhan interior hunianmu. Ukiran dapat dibuat dan  disesuaikan polanya bisa dilakukan karena komponen metal yang tipis. Dengan menggunakan plafon ini, hunianmu akan terasa memancarkan mood klasik yang unik.

 

4. Plafon PVC


Model satu ini adalah kepanjangan dari polyvinyl chloride, komponen penting dalam material pembuatan pipa. PVC sering menjadi pilihan pemasangan plafon karena bobotnya yang paling ringan di antara semua jenis plafon lainnya. Selain itu, plafon jenis ini tahan air maupun api.

 

5. Plafon triplek


Plafon triplek menjadi salah satu yang paling sering digunakan dalam hunian minimalis. Keunggulan triplek yaitu proses pemasangannya yang dianggap mudah. Selain itu, plafon tipe ini juga lebih murah dibandingkan plafon jenis lainnya. Di Indonesia sendiri, plafon triplek telah menjadi idola dan hampir semua rumah menggunakan jenis plafon triplek. 

 

Jangan pernah setengah-setengah dalam memilih plafon rumah. Selain masalah tampilan, plafon juga dapat menghindarkan penghuni dari kemungkinan terburuk. Masalah cuaca, elemen kelistrikan yang kompleks, hingga debu-debu dari luar rumah yang masuk lewat atap dapat diatas dengan penggunaan plafon yang baik. Simak terus berbagai artikel mengenai komponen interior hunian persembahan masterumah.id



Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin