Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

11 Jun 2020

Inspirasi Desain - Dapur

Dapur Minimalis dengan Area Makan





Dapur minimalis menjadi solusi di tengah keterbatasan ruang. Konsep dapur minimalis merupakan usaha menghadirkan kesan yang masih enak dipandang, walaupun pada kenyatannya luas ruangan terlalu sempit. Usaha tersebut membutuhkan penyesuaian dan kreativitas dalam mendesain. Menggabungkan dapur dengan ruang lain pun menjadi alternatif. Penggabungan ini meleburkan dua fungsi sekaligus di satu tempat.

Namun, kecenderungan ini dalam perkembangannya bisa diterma sebagai style untuk diaplikasikan. Salah satu ruang yang juga dapat digabungkan dengan dapur adalah ruang makan. Ruang makan dan dapur memang dihubungkan oleh satu kesamaan, yakni sama-sama memiliki keperluan terhadap urusan pangan. 

Dapur menjadi tempat mengolah bahan-bahan mentah, sehingga menghasilkan makanan. Sementara ruang makan merupakan tempat di mana makanan dapat disajikan dan dinikmati. Kesamaan inilah yang membuat penggabungan dapur dengan ruang makan tidak terlalu menimbulkan masalah.

Hal ini cukup menguntungkan apabila ingin mendesain dapur minimalis dengan menambahkan area makan. Meski tidak mudah, langkah-langkah berikut ini bisa membantu kehadiran dapur sekaligus area makan di rumah Anda.

Furnitur Multifungsi

Furnitur multifungsi sangat dibutuhkan bagi dapur minimalis. Hal ini karena furnitur multifungsi didesain dengan ukuran yang seminimal mungkin, tetapi dapat difungsikan untuk keperluan apa saja. Kita bisa memilih kabinet sekaligus rak yang menjadi satu rangka. 

Selain itu, ada pula model lemari yang juga berfungsi sebagai dapur sekaligus tempat penyimpanan barang-barang. Dengan demikian, furnitur multifungsi sangat cocok dipadankan dengan area makan. Ada ruang yang masih tersisa sehingga cukup menguntungkan bagi Anda yang memiliki ruangan terbatas. Ruang yang tersisa ini dapat dimanfaatkan sebagai area makan.

Desain Industrial

Desain industrial yang mengutamakan kepraktisan cukup bisa diaplikasikan untuk menjadikan dapur minimalis sekaligus area makan. Pada dasarnya, keutamaan pada kepraktisan ini yang membuat interior atau furnitur di dalamnya tak terlalu menuntut “kesempurnaan” secara fisik. 

Sebagian besar barang-barang tersebut dibiarkan dengan tampilan seadanya. Hal ini lantaran desain industrial memanfaatkan benda-benda yang sudah ada agar lebih berfungsi. Meskipun terkesan kasar, tetapi cukup rekomended untuk merancang desain dapur minimalis.

Selektif Memilih Furnitur

Area makan yang tergabung dengan dapur minimalis perlu melakukan penyesuaian. Penyesuaian ini dilakukan agar penambahan area makan tak memakan banyak tempat. Salah satu caranya dengan memilih model meja dan kursi yang disesuaikan dengan luas ruangan. 

Ruangan yang sempit disarankan untuk menggunakan meja berbentuk bulat. Meja bulat secara tak langsung membuat kita harus duduk melingkar, sehingga tidak terlalu mengurangi luas ruangan. Konsep minibar juga dapat dipakai dalam menyatukan dapur dan area makan. 

Selain menghemat tempat, minibar akan membawa kesan santai. Namun, pemilihan meja dan kursi pada dasarnya tergantung dengan kebutuhan kita, baik dalam hal model maupun jumlah, asal tak membuat sesak ruangan.

Pencahayaan

Dapur minimalis dengan area makan membutuhkan pencahayaan yang baik. Karena ruangan yang dipakai tak terlalu luas, menggunakan lampu berintensitas rendah sudah cukup sebagai penerangan. Neon dengan pancaran sinar berwarna oren akan pas dipadankan dengan dapur minimalis sekaligus area makan.

Namun, sebagai langkah untuk menghemat energi, kita juga bisa memanfaatkan cahaya alami yang masuk ke ruangan. Maka, memasang jendela pada ruangan tersebut bisa menjadi solusi, selain mendekatkannya pada tempat terbuka. Sinar yang masuk akan menghidupkan pula desain interior, apalagi bila mengadopsi gaya Skandinavia dengan warna putih yang dominan. Ruangan sempit seolah-olah tampak luas berkat ilusi dari pantulan sinarnya.

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin