Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

11 Jun 2020

Ruang Keluarga - Aktivitas Keluarga

Homescholling atau Sekolah Formal? Ini Keunggulan dan Kelemahannya





Setiap orang tua pasti merasa bahagia ketika dikaruniai buah hati. Momen tersebut akan bertambah seiring perkembangan anak yang menjadi lebih lucu dan menggemaskan. Akan tetapi, ketika memasuki usia sekolah, banyak orang tua yang kebingungan dalam memilih model pendidikan yang tepat untuk anaknya.

Hal ini sangat wajar, sebab setiap orang tua pasti menginginkan pendidikan yang terbaik agar tumbuh kembang sang anak bisa maksimal. Banyak orang tua yang memilih jalur sekolah formal untuk pendidikan anaknya. Namun, banyak pula yang memilih model homeschooling. Mana yang lebih baik? Berikut ulasan tentang keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Sekolah Formal

Kelebihan:

Salah satu keunggulan dari sekolah formal adalah biayanya yang terjangkau. Ada banyak sekolah negeri yang gratis, sebab telah didanai oleh pemerintah. Dalam hal ini orang tua tak terlalu repot memikirkan biaya sekolah sang anak.

Selain biayanya yang murah, sekolah formal juga memberikan kesempatan pada sang anak untuk berteman dengan banyak anak. Dalam hal ini anak dapat berinteraksi dan mengenal berbagai jenis karakter orang lain. Mereka akan bisa belajar bersosialisasi dengan baik.

Kekurangan:

Karena didesain untuk banyak anak, biasanya pendidikan yang diberikan dalam sekolah formal tak terlalu efektif, sebab guru harus memberikan perhatiannya pada banyak anak. Selain itu, ada risiko buliying terhadap beberapa anak. Buliying diketahui sudah jadi tradisi yang sukar dihapus dari sekolah formal. Hal ini bisa berdampak pada perkembangan mental anak di masa depan.

Selain beberapa hal tadi, kekurangan lain dari sekolah formal adalah orang tua juga harus mengantar anaknya setiap hari ke sekolah. Jika memiliki kesibukan kerja, ini tentunya akan sangat mengganggu.

Homeschooling

Kelebihan:

Homeschooling memiliki kelebihan pada waktu belajar yang fleksibel. Semua tergantung pada kesepakatan antara orang tua dengan guru. Orang tua tak perlu mengantar anaknya ke sekolah, sebab pembelajaran dilakukan di rumah siswa. Dalam hal ini, kita bisa sedikit hemat, sebab tak ada biaya bensin serta uang saku untuk anak. Mereka bisa makan makanan yang disediakan di rumah yang tingkat higienisnya lebih tinggi.

Selain itu, homeschooling lebih efektif dalam hal pembelajaran, sebab guru hanya fokus pada satu siswa saja. Dampaknya, potensi anak akan berkembang dengan maksimal. Pembacaan akan potensi anak sangat penting demi masa depannya. Kita tentu ingin anak-anak kita sukses bukan?

Selain itu, kelebihan lain dari homeschooling adalah anak dapat terhindar dari risiko buliying yang kerap terjadi di sekolah formal. Hal tersebut bisa membuat anak terhindar dari risiko gangguan mental.

Kekurangan:

Karena guru yang mendatangi murid untuk proses pembelajaran, biaya homeschooling biasanya mahal. Orang tua harus menyiapkan budget yang tebal agar keberlanjutan proses pembelajaran bisa dilakukan.

Selain itu, homeschooling membuat anak tidak memiliki banyak teman, sebab pembelajaran hanya dilakukan di rumahnya sendiri. Hal ini akan berdampak pada cara berinteraksi sang anak terhadap lingkungan sosialnya.

Dari beberapa uraian di atas, masing-masing model pendidikan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya diakui pemerintah dan ijazahnya bisa dipakai untuk melanjutkan sekolah hingga ke jenjang pendidikan tinggi. Sebagai orang tua, alangkah baiknya jika kita melihat karakter sang anak untuk memilih metode pendidikan yang tepat. Dengan demikian, potensi sang anak dapat berkembang dan masa depan anak akan bisa dijalani dengan nyaman.

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin