Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

11 Jun 2020

Ruang Keluarga - Aktivitas Keluarga

Anak Bandel dan Sulit Diatur, Begini Tips Mendidiknya





Kebanyakan orang tua ingin memiliki anak yang baik hati serta patuh, tetapi tidak semua anak suka menurut pada orang tua. Ada beberapa anak yang egois dan hanya menuruti keinginannya sendiri. Beberapa bahkan suka mengganggu dan membuat orang lain merasa tak nyaman.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengubah sifat anak tersebut. Memang hal ini membutuhkan kesabaran yang ekstra, akan tetapi jika kita mampu melakukannya, bukan tak mungkin sang anak akan mengubah sifat nakalnya.

Beberapa hal berikut ini bisa kita terapkan untuk mendidik anak yang bandel dan susah diatur.

Hindari Memanjakan Anak

Jika anak kita sukar diatur dan bandel, bisa jadi kita terlalu memanjakannya. Orang tua perlu membuat aturan yang tegas tentang apa yang boleh dan tak boleh dilakukan oleh sang anak. Terlalu banyak memberikan toleransi pada anak dengan dalih bahwa mereka masih anak-anak justru akan membuat anak terperosok pada kesalahan yang sama berulang-ulang. Karena telah biasa melakukannya, maka anak akan menganggap kesalahan yang mereka lakukan adalah hal yang wajar dan normal, padahal bisa jadi hal tersebut mengganggu kenyamanan orang lain.

Jangan Membentak Anak

Membentak anak adalah komunikasi terburuk orang tua terhadap anaknya. Kekuatan dalam mendidik anak sebenarnya terletak lewat komunikasi yang dilakukan oleh orang tua. Apabila anak sering di bentak, maka ia akan merasa sakit hati serta sifat pemarah tersebut akan diadopsi oleh sang anak dan diterapkan pada pergaulannya.

Psikis anak yang sering dibentak oleh orang tuanya juga akan labil dan terganggu. Akibatnya anak akan menjadi mudah marah, serta melakukan hal apapun tanpa peduli sebagai bentuk pelampiasan.

Jangan Mempermalukan Anak

Memarahi anak di depan umum adalah salah satu contoh mempermalukan anak. Tak ada anak yang ingin dipermalukan oleh orang tuanya sendiri. Hal ini justru dapat memunculkan rasa dendam pada anak dengan orang tua mereka. Akibatnya, anak menjadi sulit diatur dan kian bandel.

Jangan Membandingkan Anak

Hal yang sering dilakukan oleh orang tua dan merupakan kesalahan paling fatal adalah membandingkan anak dengan orang lain. Jika terlalu sering membanding-bandingkan anak dengan orang lain, anak akan merasa sakit hati. Biarkan mereka tumbuh menjadi dirinya sendiri.

Pembandingan ini biasanya dibarengi dengan label “anak nakal” pada sang anak dan “anak baik” bagi orang lain. Hal ini akan membuat anak mengamini cap nakal yang diberikan pada dirinya sendiri, sehingga pebuatan bandel dan tidak patuh dianggap hal wajar yang ia lakukan. Oleh sebab itu, jangan pernah membandingkan anak-anak kita dengan orang lain, bahkan dengan saudaranya sendiri.

Berikan Teladan

Jika menginginkan anak yang patuh dan tidak bandel, maka orang tua harus memberikan contoh yang baik pula. Dalam tahap perkembangannya, seorang anak menjadikan orang tua mereka sebagai idola. Apa yang orang tua lakukan akan ditiru oleh anak. Sifat bandel ini juga bisa jadi merupakan turunan dari kita selaku orang tua, maka coba cek ulang apakah dulu kita juga merupakan anak yang bandel? Lantas pikirkan apa yang dulu membuat kita bandel. 

Jangan sampai membuat kesalahan yang sama sehingga anak merasakan bahwa orang tuanya dulu bandel, maka wajar jika sekarang ia menjadi bandel. Maka jadilah tauladan yang baik.

Beberapa cara di atas jika dirangkum, garis besarnya adalah strategi komunikasi dengan anak. Komunikasi yang baik akan membuat anak patuh pada orang tua.

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin