Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

11 Jun 2020

Ruang Keluarga - Aktivitas Keluarga

Ketahui Potensi Anak Sejak Dini, Ini yang Perlu Dilakukan





Orang tua tentu akan senang apabila mengetahui anaknya sukses. Untuk itu, sebagai orang tua sangat penting memahami dan mengetahui potensi anak sejak dini. Hal ini bertujuan agar anak dapat memaksimalkan proses tumbuh kembangnya.

Potensi dan bakat yang dimiliki oleh seorang anak biasanya diturunkan dari orang tua. Akan tetapi, banyak pula anak-anak yang memiliki bakat alami dari dalam dirinya sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara untuk memahami dan mengetahui bakat anak sejak usia dini.

Kenalkan Hal Baru

Cara pertama untuk mengenali bakat anak adalah dengan memberikan kebebasan pada anak dalam mencoba banyak hal. Bidang yang dipilih bisa termasuk olahraga, seni, atau bidang lainnya. Dengan memberikan kebebasan pada anak, maka anak mendapatkan banyak kesempatan untuk mengeksplorasi kegiatan yang ia sukai.

Amati Kebiasaan 

Setelah memberika kesempatan pada anak untuk mencoba banyak hal, langkah selanjutnya adalah mengamati kebiasaan dan kesenangan si anak. Mereka biasanya akan menyukai hal-hal yang mampu mereka lakukan dengan baik. Dalam langkah ini, kita bisa mengecek produk maupun output yang dihasilkan oleh anak kita. Potensi dan bakat anak biasanya bisa kita temukan di sana.

Konsultasi dengan Guru

Selain dengan mengamati kebiasaan dan kesenangan anak, penting pula berkonsultasi dengan guru sang anak. Sebab guru adalah orang yang mendidik dan mengenal sang anak dalam hal potensinya. Dengan bertanya pada guru, kita dapat mengetahui bidang apa yang sangat dikuasai oleh sang anak maupun bidang yang tak terlalu dikuasai.

Beri Kursus

Setelah berkonsultasi dengan guru sang anak dan mengetahui beberapa kelebihan anak kita, hal yang bisa dilakukan adalah memberikan kursus atau les yang dapat kian mengasah bakat sang anak. Semisal anak kita sangat suka menggambar, maka ikutkan les menggambar, semisal anak kita sangat menyukai sepak bola, maka daftarkan sang anak ke sekolah sepak bola. Selain membuat mereka mengasah bakatnya, memberikan kursus yang tepat akan membuat anak menjadi senang karena merasa terfasilitasi.

Beri Suport

Hal yang jarang dilakukan oleh orang tua di Indonesia adalah memberikan suport pada potensi sang anak. Sebagai contoh adalah beberapa anak kecil yang suka mencorat-coret tembok. Banyak orang tua menganggap hal tersebut adalah kelakuan nakal sang anak, hingga akhirnya mereka memarahi anak. Padahal bisa jadi hal tersebut adalah bentuk eksplorasi anak terhadap bakatnya dalam dunia seni. Alih-alih memarahinya, harusnya orang tua menangkap pesan dari potensi sang anak dan memberikannya suport dengan membelikan buku gambar beserta alat warnanya.

Contoh lainnya, beberapa orang tua sering marah ketika anaknya bermain sepakbola hingga petang setiap hari. Pikiran primitif ini sering muncul pada orang-orang di desa yang menganggap anak seharusnya membantu orang tua di rumah. Hal tersebut justru malah menghambat potensi dan bakat sang anak, sebab ia malah akan kekurangan waktu untuk mengeksplorasi apa yang ia sukai. Dukungan dan suport dari orang tua harusnya hadir semisal dalam bentuk mendaftarkan anak ke sekolah sepak bola dan menontonnya ketika bermain.

Beberapa hal di atas wajib dilakukan jika kita ingin memahami dan mengetahui potensi anak sejak usia dini. Kunci paling penting adalah memberikan kebebasan pada anak untuk mengeksplorasi apa yang disukainya. Dengan hal tersebut, potensi anak akan bisa kita ketahui dengan sendirinya.

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin