Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

22 Jun 2021

Inspirasi Konstruksi - Material Bangun

Tertarik Menggunakan Lantai Kayu, Ini Dia Tips yang Butuh Kamu Pertimbangkan



Pinterest



Lantai kayu selalu menjadi daya tarik tersendiri. Selain memiliki nilai estetika, lantai kayu dengan warna alami akan membuat suasana hunian lebih alamiah. Apa pun jenis lantai kayu yang Anda miliki di rumah, tampilannya klasik dan cocok dengan hampir semua gaya interior. Tapi tidak semua lantai kayu sama. Tampilan jenis kayu, proses pengerjaan hingga finishing akan mempengaruhi efektivitas penggunana lantai kayu di hunian anda.


Pertama, keputusan yang harus dibuat yaitu apakah anda menggunakan lantai kayu solid atau direkayasa? Ini adalah keputusan estetis, tetapi juga praktis. Maksud dari lantai kayu solid yaitu terbuat dari papan kayu yang solid. Jenis ini dapat dilihat di rumah-rumah tua, dapat diampelas dan diwarnai ulang berkali kali. 


Sedangkan kelemahan dari papan solid yang dapat melengkung di lingkungan yang lembab. Sedangkan jenis rekayasa terbuat dari lapisan veneer kayu. Mereka dapat digunakan secara instan dan lebih tahan lama daripada papan kayu solid. Namun, mengingat papan ini terbuat dari lapisan tipis, kemungkinan tidak dapat dipoles ulang. Jadi, jika Anda berpikir Anda mungkin ingin mengganti warna papan lantai dalam beberapa tahun, itu mungkin bukan untuk Anda.


Kedua, anda harus mempertimbangkan apakah menggunakan lantai kayu yang sudah selesai apa belum. Lantai kayu yang sudah selesai maksudnya anda tidak perlu mengampelas atau mengukirnya di tempat. Mereka cenderung lebih mahal. Sedangkan apabila belum selesai, maka anda harus mengampelas dan mengukir hingga mendapatkan hasil akhir yang sesuai. Meskipun papan ini mungkin berharga lebih murah daripada papan yang sudah jadi, tenaga kerja dan proses yang terlibat dalam menyelesaikannya di tempat kemungkinan akan bertambah banyak.


Ketiga, pilih jenis kayu yang anda butuhkan. Beberapa kayu yang kami rekomendasikan yaitu parket solid, parket engineered, oak, walnut, bambu, ash, hingga maple. Oak adalah jenis lantai kayu yang paling sering digunakan karena daya tahannya, butiran yang lebar, dan kemampuannya untuk menampilkan motif yang berbeda.


Sedangkan maple memiliki pola butiran berbeda yang lebih halus daripada banyak kayu lainnya, tetapi lebih rentan daripada beberapa kayu lain untuk membusuk karena serangga. Di Indonesia, parket solid sering menjadi lantai kayu yang umum digunakan. Parket solid adalah lantai parket yang menggunakan 100% kayu original dalam pengaplikasiannya. Kayu yang digunakan adalah kayu jati, merbau, bangkirai, ulin dan sonokeling.

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin