Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

10 Jun 2020

Ruang Keluarga - Rumah & Keluarga

Rumahku Surgaku, Bagaimana Mewujudkannya?





Setelah melakukan pekerjaan yang melelahkan, seseorang tentu membutuhkan tempat untuk melepas penat dan beban pikiran. Di setiap orang bermimpi untuk memiliki hunian yang nyaman dan menenangkan. Ada perumpamaan,di sinilah peran rumah menjadi krusial. 

Ada yang mengatakan “rumahku, surgaku”. Kalimat tersebut menganalogikan kenyamanan surga sebagai sebagai tempat tinggal terbaik. Lalu bagaimana cara mewujudkan impian rumah yang nyaman dan membuat penghuninya betah?

Keindahan menjadi aspek utama dalam mendesain rumah yang nyaman. Namun, selain estetika, aspek ergonomis juga penting diperhatikan. Nah, di bawah ini ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam mendesain rumah. 

Pilihlah Lokasi 

Sebelum membangun rumah, tentu Anda harus menentukan lokasi yang tepat. Lokasi rumah tidak boleh asal-asalan, sebab hal itu penting untuk kemudahan akses anggota keluarga. Misalnya, rumah yang anda bangun harus berdekatan dengan pasar, sumber air, kantor tempat anda tempat bekerja, hingga sekolah. 

Pemilihan lokasi juga harus sesuai dengan prioritas Anda. Jika Anda mengutamakan fungsi akses, hal-hal di atas bisa jadi pertimbangan. Namun jika Anda memiliki akses untuk moda transportasi umum, Anda bisa memilih lokasi yang sesuai dengan selera keluarga, misalnya rumah di tempat agak tinggi yang udaranya sejuk dan bersih. Anda juga bisa memilih lokasi di tengah kota jika Anda lebih mengutamakan kemudahan akses fasilitas umum bagi anggota keluarga.

Sesuaikan Budget 

Membangun rumah tentu membutuhkan biaya yang cukup mahal. Anda harus menyelaraskan antara kebutuhan dengan kemampuan. Jika budget anda terbatas, maka jangan memaksakan untuk memilih lokasi yang dekat dengan perkotaan yang mana harganya menjulang sangat tinggi.

Ukuran bangunan juga harus disesuaikan dengan tabungan yang Anda miliki. Bangunan kecil juga bisa dibuat nyaman jika anda cermat dalam mendesain. Memperhitungkan biaya dan kemampuan operasional Anda sangat penting sebelum membangun rumah. Apabila Anda memaksakan diri dengan mengambil utang misalnya, Anda akan terbebani di masa-masa berikutnya. Sehingga hidup anda menjadi tidak tenang karena dikejar-kejar utang.

Desain Rumah Impian 

Rumah yang Anda miliki tentu harus sesuai dengan selera Anda dan keluarga. Model rumah sangat bermacam-macam, ada yang bernuansa kuno, modern hingga minimalis. Anda bisa mendiskusikannya dengan dengan pasangan Anda agar mendapatkan ide desain yang cocok.

Ketika model rumah sudah ditentukan, pilihlah warna yang cocok untuk desain Anda. Warna juga berpengaruh pada kenyamanan keluarga Anda. Selain karena selera, sesuaikan pula dengan cuaca. 

Apabila lokasi rumah berada di tengah kota, aplikasikan warna-warna cerah, seperti putih, krem, atau biru muda pada dinding. Warna-warna cerah dapat membuat kesan ceria dan bersih. Selain itu penggunaan warna putih atau biru muda akan meredam panas dari luar.

Bukan hanya penentuan warna cat, penempatan ruangan juga penting untuk mewujudkan rumah yang nyaman. Contoh, ruang keluarga sebaiknya berdekatan dengan setiap ruang kamar yang ada di rumah, sehingga mudah dijangkau oleh anggota keluarga. Selain itu, kamar mandi juga tidak boleh dilokasikan terlalu jauh dengan setiap kamar, hal ini untuk memudahkan akses bagi Anda dan keluarga.

Buatlah ventilasi di setiap ruangan agar sirkulasi udara menjadi lancar. Jika rumah Anda berada di tengah kota, buatlah ruangan yang lebih tinggi dari biasanya. Hal ini untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk dengan memperbanyak volume udara yang masuk.

Jika Anda memiliki ruang kosong di sekitar rumah, manfaatkan sebagai taman sederhana. Keberadaan taman dapat membuat rumah Anda menjadi sejuk dan anggota keluarga pun betah berada di rumah. Selain itu, dengan adanya taman, Anda dan keluarga bisa menikmati hari kebersamaan dengan berkebun.

Perabotan Ergonomis

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah memilih perabotan yang ergonomis dan bernilai estetika. Sebaiknya, jangan menggunakan perabotan yang berlebihan karena dapat menimbulkan kesan penuh dan mengganggu pandangan. Jika Anda ingin memakai dekorasi, pilihlah sesuai selera Anda dan keluarga. 

Gunakan perabotan yang tahan lama, sehingga anda tidak perlurepot mengeluarkan biaya besar untuk menggantinya. Anda cukup merawatnya secara rutin. Selain itu, bentuk furnitur seperti kursi, meja, sofa dan lain-lain harus senada dengan desain rumah secara keseluruhan.

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin