Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

16 Jun 2021

Inspirasi Konstruksi - Material Bangun

Bahan Bangunan Ramah Lingkungan yang Tahan Lama

Rumah adalah tempat teraman bagi setiap makhluk hidup di planet ini. Oleh karena itu, rumah yang kuat membuat masalah keamanan menjadi lebih baik. Dimulai dari pembuatan rumah dari kayu, batu bata, hingga berbahan plastik, manusia telah banyak melakukan eksperimen dengan berbagai jenis bahan konstruksi untuk membuat rumahnya kuat dan tahan lama sejak dahulu kala.

Dalam berbagai studi evolusi arsitektur, telah terjadi perubahan konstan dalam struktur dan desain bangunan. Namun demikian, lima bahan telah teruji oleh waktu dan digunakan saat ini untuk membangun bangunan terkuat di dunia. Mari kita periksa bahan bangunan terbaik untuk bangunan tahan lama.

1. Kayu

Kayu adalah bahan klasik hijau yang selalu jadi pilihan alternatif. Sebagai salah satu bahan konstruksi tertua, kayu telah teruji oleh waktu. Walau kadang digunakan sebagai bahan dekoratif, kayu dahulu kala telah menjadi bahan dasar material bangunan. Kabin kayu adalah salah satu contoh klasik yang dapat kita temukan bahkan hingga hari ini. Selain itu, ini adalah bahan yang menyatu sempurna dengan bahan konstruksi lainnya juga. Jika dibandingkan dengan batu, kayu lebih ringan. Ini juga kuat dan dibumbui untuk menghilangkan kelembapan. Selama zaman kuno, batu bata, koran dan bahan lain semacam itu untuk tujuan isolasi dan untuk membuat rumah hemat energi.

Walaupun begitu, beberapa kelemahan penggunaan kayu untuk kontruksi antara lain: mudah rentan terhadap pembusukan dan serangan hama. Kebakaran dapat menyebabkan kerusakan serius dan menghancurkan kayu. Meski ada kekurangannya, bangunan kayu diketahui bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

2. Bata

Bata adalah favorit konstruksi bangunan sepanjang masa yang ramah kantong. Selama zaman kuno, orang menggunakan batu bata untuk membuat berbagai jenis bangunan dan struktur. Beberapa dari mereka berdiri kuat bahkan sampai hari ini. Bata pertama kali tercatat dalam sejarah saat ditemukan oleh bangsa Sumeria. Pada masa itu, batu bata tidak rata dan kasar seperti yang digunakan untuk mengeringkan celah yang tertinggal setelah badai di bawah matahari.

Potongan batu bata sering kali digunakan untuk membangun struktur yang berbeda seperti gubuk, dinding, dll.Pemanasan batu bata membuat mereka tahan lama dan mengakhiri masalah batu bata yang meleleh karena hujan. belakangan ini, kita telah melihat batu bata berkelanjutan yang revolusioner untuk bangunan desainer.

3. Batu

Batu adalah material bangunan yang dapat memberikan corak kealamian. Kekuatan dan daya tahan batu membuatnya menjadi bahan bangunan yang paling kokoh dan tahan lama. Namun, masalah penting penggunaan batu yaitu perihal pemindahan barang. Jika memiliki peralatan yang tepat untuk memotong dan menggunakan batu untuk bangunan, Anda bisa mendapatkan bahan konstruksi yang sangat kuat dan alami. Hal ini dapat ditumpuk dengan mudah untuk mendukung beban berat. Ini juga tahan terhadap semua jenis elemen alami.

Ada banyak struktur luar biasa yang terbuat dari batu yang membuat kita terpesona. Bahkan saat ini, Anda akan menemukan beberapa desain bangunan indah yang terbuat dari batu termasuk beberapa rumah menakjubkan yang terbuat dari batu. Sebagian besar bahan yang digunakan untuk bangunan saat ini murah dan telah menggantikan batu. Banyak orang menggunakan beton, baja dan kayu bersama dengan lapisan batu dekoratif agar tetap sesuai anggaran.

4. Beton

Beton adalah campuran dari beberapa bahan seperti pasir, batu, semen, dll. Campuran ini bisa dibentuk sehingga anda dapat menuangkan dan membentuknya menjadi berbagai bentuk dan ukuran atau bahkan mengeraskannya sebelum diangkut. Tidak hanya beton merupakan bahan bangunan terbaik untuk bangunan tahan lama, tetapi juga merupakan bahan yang populer. Selama konstruksi, sistem pendukung pusat pondasi terdiri dari batang baja sempit dan beton bertulang. Ini memberikan fondasi yang kokoh dan tahan lama untuk struktur. Penegakan rebar membuatnya ideal untuk membangun balok, dinding, pondasi, pelat, bingkai dan berbagai ide desain struktural.

Menggunakan mesh dan batang bersama dengan beton telah membuatnya menjadi bahan yang relatif murah, andal dan tahan lama untuk konstruksi secara ekonomis. Penguatan abad ke-20 telah membuat beton semakin dicari. Beton pracetak diproduksi di bawah kondisi yang terkendali. Fitur tahan air membuat beton menjadi bahan yang tahan lama untuk konstruksi.

5. Besi dan Baja

Permintaan akan bahan yang lebih kuat selalu muncul dalam dunia konstruksi. Hal ini ditandai oleh makin masifnya pembangunan gedung tinggi atau gedung besar. Disinilah, peran baja dan besi dibutuhkan sebagai bahan bangunan terbaik untuk bangunan tahan lama. Baja fabrikasi adalah bahan yang paling populer saat dicampur dengan beton untuk pondasi. 

Besi dan baja adalah bahan yang dapat didaur ulang, itulah sebabnya mereka juga merupakan pilihan ramah lingkungan dan sempurna untuk bangunan hijau. Teknologi baja telah memungkinkan manusia untuk membangun dan merancang struktur tinggi yang benar-benar mengubah pandangan arsitektur. Struktur baja juga telah menjadi ide desain untuk berbagai properti komersial dan residensial.

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin