Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

16 Jun 2021

Inspirasi Konstruksi - Material Bangun

Ini Dia, Bahan Bangunan Anti Mainstream yang Sangat Ramah Lingkungan



Pinterest



Membangun rumah sadar lingkungan dimulai dari memilih banan bangunan yang teruji dan berkelanjutan serta dapat di daur ulang. Mungkin beton adalah bahan bangunan yang kuat, tetapi bahan abu-abu yang ada di mana mana tersebut adalah sumber gas rumah kaca yang besar. Selama proses pembuatan beton sejumlah besar karbon dioksida dilepaskan ke lingkungan, yang menimbulkan masalah tentang efek negatif bersihnya terhadap alam. Berikut adalah beberapa pilihan berkelanjutan terbaik dalam bahan bangunan untuk dipertimbangkan untuk rumah baru Anda.

1. Rami/Hempcrete


Bahan ini sangat alami dan memiliki konstruksi yang mirip dengan beton. Jerami telah mendapatkan popularits di antara negara negara yang melakukan pembangunan sadar lingkungan. Bahannya dibuat dari serat kayu bagian dalam dari tanaman rami, yang merupakan sumber terbarukan yang tumbuh cepat.

Serat kemudian diikat bersama dengan kapur untuk membuat struktur seperti beton. Manfaat tambahan menggunakan Hempcrete adalah bobotnya yang ringan. Bahannya mudah diangkut dan akan menghemat uang untuk bahan bakar serta tenaga kerja untuk memasangnya.

2. Plastik daur ulang


Hal paling menarik dari pembangunan rumah belakangan  ini iadalah faktor inovasi berkelanjutan dari bahan bahan bangunan yang kita gunakan. Salah satu tren menjaga lingkungan saat ini ialah memanfaatkan sampah plastik daur ulang sebagai bahan konstruksi rumah. 

3. Bambu


Bambu adalah pilihan estetis yang masuk akal dalam dunia produk industrik. Bambu yang juga bagian dari kayu-kayuan adalah sistem keanekaragaman hayai dan terbarukan yang berharga. Bambu telah menjadi pilihan banyak penghuni yang sadar lingkungan. Bambu adalah bahan yang ringan, tahan lama, dan cepat diperbarui.

4. Ferrock


Kalau anda mengira beton adalah bahan bangunan terkuat, mungkin anda salah kali ini. Sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa bahan daur ulang untuk bahan bangunan dapat lebih kuat. Memanfaatkan banyak bahan yang tidak dapat didaur ulang seperti debu baja dari industri baja, bahan tersebut memiliki sifat pengaturan yang unik. Ini menyerap karbon dioksida di udara untuk menjebaknya dalam proses pengeringan dan pengerasannya. Keunikan Ferrock ini membuatnya ramah lingkungan karena efek karbon netralnya.

5. Balok jerami


Jerami dapat digunakan untuk membangun rumah ramah lingkungna yang indah. Sebagai isolator yang bagus, jerami bisa bertahan selama ribuan tahun apabila tetap kering. Selain itu, jerami juga memiliki sifat ikatan yang sangat baik dengan plesteran dan dinding plester. Bahan bangunan yang ringan dan ramah lingkungan ini adalah pengganti yang bagus untuk beton.

6. Besi daur ulang


Panel dan balok baja adalah bagian penting yang meramaikan pilihan bahan bangunan di industri. Daya tahan balok baja daur ulang terutama dalam situasi seperti angin kencang dan gempa bumi tidak tertandingi di antara banyak bahan bangunan daur ulang lainnya. Karena merupakan produk daur ulang baja, membutuhkan energi 75% lebih sedikit daripada proses manufaktur utama.

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin