Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

10 Jun 2020

Ruang Keluarga - Aktivitas Keluarga

Anak Kecanduan Gadget? Coba Tips Ini untuk Mengatasinya





Perkembangan teknologi yang kian pesat hari ini bagai pedang bermata dua. Di satu sisi, kehidupan kita semakin dimudahkan, tetapi di sisi lain ia juga membawa dampak negatif. Salah satu contoh dalam hal ini adalah kehadiran gadget. Dengan alat tersebut, komunikasi kita dengan orang-orang yang berada di tempat jauh dapat tetap terhubung. Namun, di sisi lain gadget juga memberikan efek candu bagi pemakainya.

Hari ini ada begitu banyak anak yang sudah diberikan gadget oleh orang tuanya sejak masih anak-anak. Hal ini perlu perhatian khusus, sebab ada banyak anak yang terjebak pada kecanduan gadget. Dampak dari kecanduan tersebut adalah anak menjadi lebih mudah emosi dan boros dalam pembelian paket internet.

Berikut ini adalah beberapa hal yang kita lakukan untuk mengatasi anak kecanduan gadget. 

Beri Batasan Waktu 

Salah satu hal terpenting untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak-anak adalah berikan batasan waktu pada anak dalam menggunakannya. Kita bisa membuat batasan dengan banyak hal, semisal membuat jadwal pemakaian gadget dan menentukan ruangan bebas gadget. Kita juga bisa memantau penggunaan gadget pada anak dengan membuat koneksi akun yang ada di gadget anak. Dengan menghubungkannya, kita dapat melihat history penggunaan gadget oleh si anak.

Alihkan Kesibukannya

Salah satu hal yang dianjurkan untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak adalah dengan mengalihkan kesibukannya. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan kursus tambahan pada anak, tentu disesuaikan dengan hobi mereka. Apa bila anak suka sepak bola, tak ada salahnya untuk mendaftarkan anak ke sekolah sepak bola.

Kegiatan dengan aktifitas fisik sangat dianjurkan, sebab selain membuat raga anak menjadi sehat, anak juga akan merasakan lelah sehingga minat untuk menggunakan gadget menjadi berkurang dan kualitas tidur akan lebih terjaga.

Jika tak memiliki budget untuk memberikan kursus pada anak, kita bisa mengakalinya dengan membuat pembagian tugas di rumah. Semisal, anak harus mencuci bajunya sendiri, juga membersihkan kamarnya sendiri. Selain membantu anak dalam mengurangi kecanduan gadget, hal ini juga dapat meningkatkan kemandirian pada anak.

Reward and Punishment

Opsi lainnya adalah terapkan reward and punishment. Anak baru boleh menggunakan gadget jika ia telah mengerjakan sesuatu, semisal membersihkan kamar mandi atau mencuci piring. Sementara itu, jika anak melakukan kesalahan maka beri hukuman dengan mengurangi waktu penggunaan gadget. Jika dilakukan, hal ini akan memberikan pelajaran pada anak bahwa jika kita menginginkan sesuatu, maka kita harus bekerja untuk mendapatkannya. 

Berikan Contoh Baik

Hal yang sering dilupakan pada saat melarang anak menggunakan gadget berlebihan adalah sikap orang tua sendiri. Jika kita tidak ingin anak kecanduan gadget, maka kita sebagai panutan anak juga harus memberikan contoh yang baik. Meskipun itu adalah urusan pekerjaan, sebisa mungkin hindari memakai gadget secara berlebihan di depan anak kita.

Cara untuk mengakali ini adalah gunakan gadget tanpa sepengetahuan anak kita. Semisal, kita bisa menggunakan gadget waktu di kamar atau tempat-tempat yang jauh dari anak. Dengan begitu anak tidak akan protes ketika orang tua melarangnya untuk bermain gadget secara berlebihan.

Beberapa hal di atas dapat kita terapkan untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget. Tentu kita tidak ingin anak kita menjadi kurang gerak dan kesehatan matanya terganggu. Oleh sebab itu, mari kita didik si buah hati dengan sungguh-sungguh, agar di masa depan si anak dapat bertumbuh kembang dengan baik.

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin