Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

10 Jun 2020

Ruang Keluarga - Aktivitas Keluarga

Mendekatkan Anak dengan Literasi Sejak Dini, Mengapa Tidak?





Literasi adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Dengan literasi, kita dapat mengetahui berbagai  hal yang ada di dunia ini. Zaman dahulu, orang-orang mengenal literasi lewat literatur-literatur kuno yang ditulis pada pelepah kurma atau kulit hewan. 

Hari ini, dengan perkembangan teknologi yang kian pesat. Cara medapatkan literatur bukan lagi hal yang sulit. Literasi tak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa, tetapi juga oleh anak-anak. Dengan mengenalkan berbagai macam literatur pada anak sejak dini, maka budaya literasi akan terbentuk dengan sendirinya pada sang anak. Hal tersebut akan membuat anak menjadi manusia yang berwawasan luas di masa mendatang.

Apa saja yang bisa kita lakukan untuk membudayakan literasi pada anak sejak usia dini? Beberapa contoh berikut bisa jadi alternatif pilihan untuk mengaplikasikannya.

Kenalkan Sejak Dini

Mengenalkan buku pada anak sejak dini bukanlah hal yang sulit. Kita bisa membelikan buku pada si buah hati bahkan sejak dini. Selain untuk mendekatkan anak pada buku, buku bayi juga bisa berfungsi untuk meningkatkan interaksi anak dengan orang tua. Caranya adalah, bacakan kisah-kisah dalam buku tersebut pada anak sebelum tidur.

Hal ini dapat berlanjut ketika anak sudah mulai dapat berbicara dan mengerti dengan apa yang kita katakan. Kita bisa membudayakan baca dongeng sebelum tidur. Pastikan dongeng yang dipilh menarik dan sarat akan nilai moral sehingga anak dapat memahami dengan lebih mudah moral yang kita ajarkan.

Ajak ke  Toko Buku

Langkah selanjutnya adalah dengan mengajak anak ke toko buku. Kegiatan ini bisa diagendakan sebulan sekaili untuk memperbarui koleksi buku si anak. Keunggulan sebuah toko buku adalah koleksinya yang selalu update. Pastikan kita mengetahui konten dari buku yang diinginkan oleh anak. Kalau bisa, sarankan anak untuk membeli buku-buku ensiklopedi dengan berbagai topik. Hal ini akan membuat wawasan anak menjadi luas.

Opsi lain adalah dengan membelikan anak komik edukasi. Hari ini komik telah menjadi medium belajar yang berkembang. Kita bisa belajar matematika, sains, dan ilmu sosial hanya dengan menyimak cerita yang ada di dalam komik tersebut. Selain menyenangkan, hal ini tentu lebih efektif ketimbang memaksa anak untuk belajar.

Awasi Penggunaan Gadget

Literasi tak hanya dalam bentuk teks, melainkan literasi digital. Hari ini banyak anak-anak yang sudah kecanduan gadget bahkan sejak usia dini. Hal penting yang harus dilakukan adalah dengan memantau penggunaan gadget pada anak. Beri jadwal bagi anak untuk mengakses gadget agar anak tidak kecanduan.

Pemantauan konten yang diakses anak juga sangat penting. Jangan sampai anak mengakses konten-konten kekerasan, sebab pada tahap ini, anak sangat suka untuk meniru apa yang mereka lihat. Kalau perlu, sebaiknya kita menyarankan konten-konten edukasi pada anak. Hal ini bisa kita lakukan baik lewat game maupun film. 

Ajak ke Museum

Museum selalu memiliki nilai sejarah yang tinggi. Mengajak anak berkunjung ke museum adalah salah satu langkah yang tepat untuk mengenalkan literasi sejarah pada si anak. Dengan mengenal sejarah, anak akan berwawasan luas dan lebih memahami bagaimana proses sebuah peristiwa terjadi. Anak bisa mengambil hikmah dari peristiwa sejarah yang biasanya diabadikan baik lewat koleksi diorama, patung, maupun medium lainnya.

Hal-hal di atas bisa kita lakukan untuk mengenalkan anak pada literasi sejak usia dini. Jika kita melakukannya, anak akan tumbuh dengan cerdas dan memiliki banyak wawasan.

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin