Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

23 Sep 2022

Inspirasi Konstruksi - Material Bangun

Preforated Metal Material Wajib untuk Hunian Industrial!

Belakangan gaya industrial mulai banyak digemari, baik dipadukan dengan gaya minimalis, modern, maupun tropikal. Gaya industrial memiliki ciri khas mentah dengan banyak permainan warna dasar dan material unfinished. Meskipun demikian kesan nyaman dan sederhana tetap terasa, sehingga membuat banyak orang jatuh cinta terhadap desain ini.

Salah satu cara agar nuansa industrial semakin terasa adalah permainan tekstur dari material-material yang digunakan. Salah satu material yang sedang banyak dilirik dan wajib ada di setiap desain indsutrial, apalagi kalau bukan preforated metal. Tidak hanya teksturnya saja yang unik, preforated metal juga sangat serbaguna. Mau tahu seperti apa preforated metal? Berikut ulasan dari masterumah.id!

Jika diterjemahkan preforated metal berarti logam yang berlubang-lubang, tapi tenang ini bukan kesalahan produksi kok! Preforated metal berbentuk lembaran besi maupun baja yang didesain berlubang-lubang seperti wire mesh. Lubang-lubangnya memiliki diameter sedikitnya 1 mm dan semakin besar diameternya maka semakin tebal pula lembaran preforated metal tersebut. Pola lubangnya tidak hanya berbentuk bulat loh, terdapat juga bentuk-bentuk kustom yang bisa kamu pesan. 

Preforated metal mempunyai kegunaan yang sangat beragam, baik untuk pengaplikasian struktur maupun dekoratif. Preforated metal juga bisa diterapkan pada eksterior rumah sebagai secondary skin sekaligus mempercantik fasad. Maupun sebagai elemen dekorasi interior dan material pembuatan barang-barang dan furnitur rumah.

Karena bentuknya berlubang preforated metal bisa menjadi opsi ventilasi rumah. Aliran udara dapat masuk ke dalam rumah melalui lubang-lubang yang terdapat pada preforated metal. Tidak hanya itu saja, preforated metal juga menjadi sekat untuk mengurangi intensitas cahaya dan menjaga privasi pemilik rumah dari pandangan luar. 

Meskipun bentuknya berlubang, preforated metal mempunyai kemampuan menahan beban berat yang tidak usah diragukan. Material ini sangat cocok digunakan untuk bangku, anak tangga, maupun penutup saluran air. Tidak cuma dekoratif namun juga sangat fungsional.

Preforated metal memiliki kemampuan untuk meredam suara yang sangat baik. Apalagi jika kamu tinggal di dekat jalan raya atau daerah padat penduduk, preforated metal menghalau suara-suara dari luar tersebut. Kamu bisa lebih tenang dan nyaman di rumah tanpa perlu terganggu suara berisik dari luar.

Preforated metal sering digunakan untuk area publik maupun komersial dan belakangan banyak diterapkan juga untuk area privat. Banyak cara kreatif untuk memanfaatkan preforated metal untuk memberi aksen sekaligus focal point di rumahmu. Bentuknya yang unik dengan nuansa industrial yang kental, menjadikannya salah satu opsi terbaik untuk rumahmu. 

Jika kamu tidak terlalu suka desain industrial, preforated metal sangat serbaguna dan juga serasi untuk dipadukan dengan berbagai desain arsitektur. Jadi kamu tidak perlu khawatir bermain dengan material ini! Ikuti masterumah.id untuk artikel dan ulasan menarik lainnya, semoga bermanfaat!

Besi Baja Konstruksi Arsitektur

Artikel terkait

Status Inspirasi Rumah

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin