Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

23 Sep 2022

Ruang Keluarga - Rumah & Keluarga

Mari Buat Biopori, Solusi Bebas Banjir Bikin Kamu Gak Perlu Khawatir!

Cuaca hujan kini mulai kembali mengguyur berbagai daerah di Indonesia setiap hari, yang berarti bahwa musim hujan akan tiba. Berbicara mengenai musim hujan, beberapa dari kita harus berhadapan dengan permasalahan tahunan yang selalu terjadi, apalagi kalau bukan banjir. 

Mumpung nih masih awal musim hujan, kita perlu mengantisipasinya dengan membersihkan saluran air dan meningkatkan resapan tanah. Salah satu metode unik dan mudah dalam mencegah banjir adalah dengan membuat biopori. Kali ini masterumah.id ingin mengajakmu berkenalan dan tips membuat biopori yang mudah, simak yuk!

Biopori merupakan lubang resapan air berbentuk tegak lurus dan tertanam di dalam tanah. Diameter biopori sekitar 10-30 cm dengan panjang kurang lebih 1 meter. Biopori berfungsi untuk meningkatkan kapasitas penyerapan tanah dengan cara yang cukup unik, yakni dengan menjadikan lubang biopori sebagai wadah kompos. 

Lubang biopori diisi dengan berbagai jenis sampah organik, seperti sisa-sisa sayuran, rerumputan, dan kertas. Yang mana nantinya sampah-sampah organik tersebut menjadi makanan bagi cacing tanah. Cacing tanah membantu penyerapan air dengan membuat lubang-lubang di tanah, yang mana hal tersebut juga akan meningkatkan kapasitas oksigen di tanah. 

Banjir terjadi karena drainase dan daya serap yang buruk, apalagi di daerah padat penduduk. Air yang tidak tertampung di saluran air maupun terserap tanah maka akan membanjiri permukaannya. Oleh sebab itu, menerapkan biopori akan sangat membantu proses penyerapan air hujan langsung ke tanah sehingga banjir dapat kita cegah. 

Sampah organik menyimpan potensi besar jika didaur ulang, biopori bisa menjadi media pembuatan kompos. Masukkan sampah organik ke lubang biopori setidaknya 3 hari sekali sampai lubang biopori terisi penuh. Lalu tunggu sekitar tiga bulan hingga sampah organik kita berubah menjadi kompos. Cara ini efektif untuk memilah sampah organik agar lebih bermanfaat dan tidak berakhir di TPA.

Biopori merupakan metode berkelanjutan untuk menyuburkan tanah. Tanah mendapat nutrisi yang dibutuhkan dengan memperbaiki pengudaraan serta cadangan air tanah. Belum lagi kompos yang dihasilkan dari biopori dapat digunakan untuk membantu tanaman kita tumbuh subur dan sehat. 

Bahan dan alat pembuatan biopori tidak terlalu banyak, kamu cukup menyiapkan:

-    Pipa PVC yang telah dilubangi pada sisi-sisinya

-    Penutup pipa PVC

-    Sampah organik (hindari memasukkan sisa daging dan tulang ya!)

-    Air

-    Bor tanah

Jika alat dan bahan sudah kamu siapkan, langkah pertama yaitu menentukan lokasi pembuatan biopori. Langkah kedua, basahi tanah agar lunak dan mudah untuk melakukan pengeboran. Selanjutnya langkah ketiga yaitu bor tanah dengan kedalaman kurang lebih 1 meter dan diameter 10-30 cm.  Usahakan pengeboran tanah tegak lurus ya!

Langkah keempat, masukkan pipa PVC yang telah kamu persiapkan hingga posisinya pas ke dalam tanah. Dan langkah kelima, tinggal kamu isi biopori dengan sampah organik, lalu tutup lubang biopori dengan penutup pipa. Mudah kan!

Itulah sedikit ulasan mengenai biopori, solusi 2-in-1 untuk menghadapi banjir sekaligus menyuburkan tanah. Kamu bisa mulai menerapkan biopori di rumahmu ataupun lingkungan tempat tinggalmu, sehingga tidak ada lagi permasalahan banjir tahunan! Jangan lupa intip artikel dan ulasan menarik lainnya hanya di masterumah.id, semoga bermanfaat!

Hujan Got Kompos Sampah

Artikel terkait

Status Inspirasi Rumah

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin