Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

22 Sep 2022

Inspirasi Konstruksi - Desain Arsitektur

Pikir-Pikir Dulu Sebelum Membangun Void di Rumah, Ketahui Beberpa Kelemahannya Berikut!

Beberapa tahun terakhir, void menjadi desain yang banyak diterapkan di hunian modern-minimalis. Void merupakan ruang kosong yang biasanya terletak di bagian tengah rumah. Desain void mempunyai ciri khas yakni high-ceiling atau langit-langit tinggi, sehingga keberadaan void membuat rumah terasa lebih lega dan megah.

Meskipun banyak kelebihan dari desain void ini, ternyata terdapat kelemahan yang perlu kamu pertimbangkan matang-matang. Masterumah.id ingin mengulas mengapa void tidak selalu menjadi pilihan terbaik untuk rumahmu, simak yuk!

Karena  void menggunakan high ceiling maka volume udara di dalam rumah semakin besar. Jika sirkulasi udara tidak didesain dengan baik maka menyebabkan udara terperangkap di dalam rumah. Hal ini dapat menimbulkan peningkatan temperatur ruangan terlebih untuk ruangan di lantai atas.

Karena rumah menjadi lebih panas, maka kamu perlu pendingin ruangan atau AC. Sayanganya untuk mendinginkan ruangan void, kamu memerlukan AC dengan PK yang cukup besar. Yang mana jika kita sering dinyalakan tagihan listrikmu pasti akan membengkak. 

Dengan adanya void memudahkan komunikasi antar penghuni rumah di lantai bawah dan atas. Kamu tidak perlu berteriak-teriak karena tidak ada penghalang suara. Namun sisi buruknya, hal tersebut juga berlaku terhadap suara berisik yang dihasilkan dari kegiatan di rumah. Belum lagi desain langit-langit tinggi membuat suara menjadi menggema.

Mengganti kerusakan lampu atau membersihkan debu-debu yang bersarang di void bukanlah perkara mudah. Karena bentuk langit-langitnya yang tinggi. Sehingga untuk melakukan perawatan rutin demikian, kamu perlu menyewa jasa profesional. Tentunya kamu harus siap-siap mengeluarkan uang lebih banyak untuk hal-hal kecil seperti itu.

Memang void merupakan opsi jika kamu ingin menghemat material bangunanmu. Namun konstruksi void cukup rumit dan memerlukan banyak perhitungan. Karena tingkat kesulitannya yang tinggi itulah menyebabkan biaya konstruksi void tidak murah.

Itulah beberapa poin yang perlu kamu pertimbangkan jika ingin membangun void di rumah idamanmu. Selalu berkonsultasi dengan arsitek jika kamu ingin fitur-fitur rumah seperti void, agar perancangannya tepat dan tidak menimbulkan kendala-kendala yang tidak kamu inginkan di kemudian hari. Ikuti masterumah.id untuk artikel-artikel menarik lainnya, semoga bermanfaat!

Arsitek Konstruksi Interior Desain

Artikel terkait

Status Inspirasi Rumah

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin