Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

18 Sep 2022

Inspirasi Konstruksi - Material Bangun

Intip Yuk, Inspirasi Sliding Door yang Kekinian!

Belakangan ini tren sliding door atau pintu geser sepertinya mulai kembali dilirik. Sliding door tidak memakan banyak tempat, sehingga banyak diterapkan pada desain arsitektur modern-minimalis yang mengedepankan efisiensi. Yang dulunya sliding door hanya digunakan sebagai pintu kamar mandi sekarang bisa diaplikasikan ke seluruh rumah.

Tapi apakah kamu tahu meskipun sama-sama digeser ternyata terdapat banyak jenis sliding door loh! Masterumah.id ingin mengajakmu berkenalan dengan masing-masing jenis sliding door, tengok yuk!


Seperti namanya barn door atau pintu gudang merupakan jenis pintu geser yang banyak digunakan di berbagai peternakan di pedesaan Eropa dan AS. Daun pintunya terbuat dari papan kayu dan ciri khas tampilan yang rustik. Daun pintu pada barn door dikaitkan di rel atau roda pada bagian atasnya saja, sehingga cukup menimbulkan suara ketika digeser. Secara tradisional barn door digunakan untuk pintu luar, namun saat ini banyak yang menerapkan barn door sebagai pintu interior antar ruangan.


Pocket door memiliki mekanisme mirip dengan barn door, bedanya adalah daun pintunya dapat disembunyikan ke dalam dinding. Hal ini karena frame pintu dan rel dirakit di dalam dinding, sehingga ketika digeser akan memberi kesan seamless. Kekurangan dari pocket door adalah pemasangannya yang susah dan jika ingin mengganti pintumu dengan pocket door, kamu perlu merenovasi dindingmu.


Terdapat juga bypass door yang memiliki lebih dari satu daun pintu. Daun-daun pintunya diletakkan secara bypass atau membelakangi satu sama lain. Sehingga pada saat digeser pintu tidak bertabrakan satu sama lain. Jika kamu ingin memasang bypass door kamu perlu frame pintu yang cukup besar.


Selanjutnya ada arcadia door, pintu geser yang memiliki frame besi atau aluminium dengan daun pintu terbuat dari kaca. Arcadia door memberikan pencahayaan ruangan yang maksimal sehingga sangat cocok dipasang sebagai pintu luar rumah. Arcadia door menjadi opsi yang bagus juga untuk dipasang di balkonmu.


Shoji door merupakan pintu geser yang unik berasal dari Jepang, kamu pasti pernah melihatnya di drama maupun anime Jepang. Shoji door terbuat dari frame kayu dan dibuat berlubang-lubang. Lubang-lubang tersebut lalu  ditutup dengan kain, kertas, maupun PVC yang banyak digunakan di era modern. Dengan demikian cahaya tetap bisa masuk ke dalam rumah namun kamu tidak perlu kedinginan.

Memiliki ruangan terbatas memang harus disiasati dengan baik, termasuk memilih jenis pintu yang digunakan. Agar space yang tersedia dapat difungsikan secara lebih efisien. Nantikan artikel dan ulasan menarik lainnya hanya di masterumah.id, semoga menginspirasi!

Artikel terkait

Status Inspirasi Rumah

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin