Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

17 Sep 2022

Inspirasi Desain - Ruang Tamu

Bosan Pakai Sofa Terus, Mau Coba Pakai Yang Lain?

Hingga saat  ini masih belum diketahui sejarah yang membuat sofa identik dengan ruang tamu. Padahal di dalam ilmu interior tidak pernah ada disebutkan bahwa sofa harus ada di ruang tamu. Lebih aneh lagi, jika memang sofa harus selalu ada di ruang tamu, mengapa tidak semua ruang tamu didesain untuk menggunakan sofa?

Misal pun teori tersebut ada, justru sedikit disayangkan. Karena ada jenis-jenis tempat duduk yang tak kalah menarik dan layak untuk digunakan di ruang tamu selain sofa. Berikut masterumah.id sudah merangkumkan informasinya untuk kalian.

Menggunakan hamok mungkin menjadi solusi bagi kalian yang memiliki ruang tamu yang tidak terlalu luas. Selain itu juga menggantung hamok juga akan memberi kesan boho pada ruang tamu kalian. Namun karena pemasangan hamok ini digantung, konsultasikan terlebih dahulu kekuatan struktur dinding kalian sebelum memasangnya.

Dahulu karena warna-warni nya, membuat bean bag identik dengan ruang bermain anak. Namun sekarang telah ada been bag dengan pelapis paling depan dari kulit atau juga beludru yang gak akan kalah kece jika digunakan di ruang tamu.

Sebenarnya untuk kasus kursi gantung ini masih satu keluarga dengan sofa, hanya memang klasifikasi dasar dan suasana yang dibawanya sedikit berbeda. Dan lagi-lagi karena kursi gantung memanfaatkan struktur di rumah untuk dapat terinstal, jadi kalian harus memastikan dahulu kekuatan struktural rumah kalian untuk menahan beban kursi dan orang-orang yang akan duduk di atasnya.

Dalam beberapa kondisi, penggunaan bantal lantai hanya berfungsi sebagai tambahan saja saat sudah tidak ada lagi tempat untuk duduk di ruang tamu. Namun lain ceritanya jika kalian ingin menerapkan konsep Maroko di ruang tamu dengan menggunakan bantal lantai. Trik lain untuk memaksimalkan kesan Maroko adalah dengan menggunakan permadani dan meja teh pendek yang nyaman.

Gaya ruang tamu dengan kursi kayu ini sudah ada bahkan sebelum penggunaan sofa menjamur seperti sekarang ini. Namun kalian tidak perlu khawatir akan kesan tua yang akan dibawa oleh kursi kayu ini, karena sekarang pengrajin kursi semakin canggih dan lebih mengerti kondisi pasar. Selain itu juga, daripada menyebut penggunaan kursi kayu sebagai sesuatu yang old school, istilah vintage mungkin akan lebih tepat.

Masih belum ada study pasti yang menyatakan bahwa sofa merupakan identitas ruang tamu. Jadi kalian bisa melakukan apa pun kepada ruang tamu kalian selama kalian dan tamu kalian yang akan berkunjung merasa nyaman. Dapatkan informasi menarik lainnya seputar hunian dan penghuninya hanya di masterumah.id dan selamat mencoba!

Artikel terkait

Status Inspirasi Rumah

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin