Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

16 Sep 2022

Inspirasi Konstruksi - Desain Arsitektur

Mendekatkan Alam ke Rumah melalui Desain Biofilik, Healing Bisa Setiap Hari!

Salah satu healing terbaik dari penatnya kegiatan sehari-hari ialah melihat pemandangan, menghirup udara, dan berinteraksi langsung dengan alam. Namun pernahkah kamu berpikir, mengapa dengan pergi ke hutan, laut, maupun gunung energi kita seperti terisi kembali? Jawabannya adalah karena pada dasarnya kita sebagai manusia mempunyai keterikatan dan kecintaan terhadap alam, fenomena ini disebut sebagai biofilia. Konsep biofilia inilah diterapkan dalam arsitektur dan dikenal dengan desain biofilik. 

Desain biofilik sendiri merupakan turunan dari desain hijau (green design) yang menitikberatkan pada bangunan sehat, efisien, dan hemat energi. Lalu desain biofilik meningkatkannya dengan menciptakan lanskap alam agar memungkinkan interaksi langsung manusia dengan alam. Interaksi langsung dengan alam ini terbukti dapat menurunkan stres, menjadikan emosi lebih positif, dan membuat kita bisa lebih fokus beraktivitas.

Dengan semakin berkembangnya desain arsitektur, desain biofilik yang dulu hanya diterpkan pada bangunan publik kini mulai populer diaplikasikan juga untuk area domestik. Kali ini masterumah.id ingin mengajakamu berkenalan dengan desain menarik ini, tengok yuk seperti apa!

Memandang tanaman dan pepohonan secara langsung tentu menghasilkan efek dan energi yang berbeda daripada sekedar melihatnya dari layar monitor. Maka dari itu, kehadiran tanaman dan pepohonan tidak bisa dipisahkan dari desain biofilik. Area halaman rumah harus dimaksimalkan sebagai ruang terbuka hijau. Pilihan tanaman dan pepohonan juga harus beragam sehingga nuansa alam yang rimbun bisa kita ciptakan.

Secara visual ruang terbuka hijau harus bisa kita nikmati dari dalam rumah juga. Maka dari itu, penempatan jendela kaca dan bukaan berukuran besar di setiap ruangan adalah hal yang wajib di desain biofilik ini. Material kaca akan menciptakan kesan borderless sehingga area outdoor dan indoor terlihat menyatu. Selain itu juga pencahayaan dan pengudaraan ke dalam rumah akan lebih maksimal, sehingga menciptakan lingkungan tempat tinggal yang jauh lebih sehat.

Pada desain biofilik ruang hijau tidak terbatas hanya pada area halaman saja, melainkan juga ke dalam rumah. Selain meletakkan tanaman indoor, keberadaan inner court maupun indoor garden sangatlah penting. Sehingga kita tetap bisa berinteraksi dengan alam meskipun menghabiskan waktu di dalam rumah.

Menempatkan furnitur seperti meja dan kursi langsung menghadap ke jendela merupakan ciri khas lain dari desain biofilik. Sehingga ketika melangsungkan aktivitas seperti makan, belajar, maupun bekerja dari rumah kita bisa sambil melihat ruang hijau kita. Dengan penataan seperti ini, kita akan lebih semangat dan fokus ketika berkegiatan.

Sayang jika ruang terbuka hijau yang kita rancang hanya menjadi pemandangan saja. Perlu adanya aktivitas di luar ruangan yang kita lakukan setidaknya 5-20 menit tiap hari. Oleh sebab itu, ruang keluarga atau ruang makan outdoor sangat sesuai dengan desain biofilik ini.

Selain tanaman dan pepohonan, warna netral mempunyai efek menenangkan yang sama. Sehingga untuk palet warna desain biofilik tidak akan jauh dari palet warna netral. Selain warna netral, warna hijau juga menjadi pilihan bagus untuk dipadukan di desain biofilik ini.

Keren kan? Tinggal di rumah dengan desain biofilik dijamin pikiran akan selalu segar dan semangat setiap harinya. Cukup tengok ke luar rumah, energi kita kembali terisi penuh! Nantikan artikel menarik lainnya hanya di masterumah.id, semoga menginspirasi!

Taman Arsitektur Hijau Halaman

Artikel terkait

Status Inspirasi Rumah

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin