Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

15 Sep 2022

Ruang Keluarga - Rumah & Keluarga

5 Rekomendasi Tanaman Indoor Terbaik untuk Menjernihkan Udara Secara Alami

Tingkat polusi yang tinggi terlebih di area perkotaan membuat kualitas udaranya kian memburuk. Tak heran jika saat ini banyak yang menggunakan air purifier agar udara di rumah menjadi bersih. Tentu saja air purifier bukanlah investasi yang murah dan pada beberapa model lama dapat memicu asma bagi sebagian orang. 

Tapi jangan khawatir! Kamu tetap bisa memiliki udara bersih dan bebas polusi di rumah dengan cara alami, yakni dengan menanam beberapa jenis tanaman berikut ini. Masterumah.id ingin berbagi jenis-jenis tanaman yang ampuh untuk menjernihkan udara, intip yuk apa saja!

Semua pasti sudah kenal dengan tanaman yang  sedang naik daun beberapa tahun belakangan ini. Selain memiliki corak yang unik, lidah mertua ternyata efektif untuk menjernihkan udara loh. Tanaman ini mengeliminasi partikel-partikel berbahaya di udara (VOC) seperti formaldehida, benzena, xilena, dan TCE yang terdapat di bahan kimia dan pembersih yang kita gunakan. 

Tanaman ini juga tidak terlalu membutuhkan banyak pencahayaan dan tahan terhadap kondisi kering. Lidah mertua menjadi salah satu tanaman yang tetap memproduksi oksigen dalam kondisi gelap sekalipun. Perawatannya yang mudah sangat cocok untuk pemula dan pastinya lidah mertua wajib ada di koleksi tanaman hiasmu.

Lidah buaya terkenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, tetapi mungkin belum banyak yang tahu bahwa tanaman ini juga penjernih udara yang baik. Lidah buaya menyerap banyak VOC yang sering dihasilkan oleh cat tembok, lem perekat, dan bahan kimia lainnya. Lidah buaya juga memproduksi oksigen di malam hari, sehingga tanaman ini menjadi pilihan tanaman hias di kamar yang sangat recommended

Pilea mendapat julukan sebagai pohon koin karena bentuk daunnya yang bulat dan bisa tumbuh selebar 15 cm loh! Selain bentuknya yang mudah dikenali, pohon koin merupakan tanaman yang sangat bagus untuk menjernihkah udara. Tanaman ini dapat menyerap partikel-partikel jahat yang diproduksi oleh karpet, pewarna tekstil, lem perekat, dan cat tembok. Pilihan tanaman hias yang sesuai untuk diletakkan di ruang keluarga.

Selanjutnya ada paku sarang burung dengan daun bergelombangnya yang indah. Tidak hanya sebagai penghias ruangan saja, paku sarang burung juga dapat menjernihkan udara dan mengurangi kelembaban. Paku sarang burung sangat sesuai untuk diletakkan di kamar mandi maupun area basah. Namun perlu diingat ketika dewasa daunnya bisa menjuntai hingga 60 cm, sehingga perlu kamu pindahkan ke pot gantung. 

Tanaman laba-laba merupakan penjernih udara alami yang tidak perlu diragukan lagi. Tanaman ini dapat menyerap VOC seperti formaldehida, toluena, dan xilena yang terdapat di kain, cat tembok, dan lem perekat. Tanaman laba-laba juga terbukti menurunkan tingkat karbon monoksida. Tanaman laba-laba wajib ada di setiap ruanganmu, perawatannya mudah dan dapat tumbuh dengan cepat.

Itulah beberapa rekomendasi tanaman hias untuk menjernihkan udara di ruangan secara alami. Sedikit catatan kamu setidaknya perlu meletakkan 2 pot tanaman untuk satu ruangan berukuran 9 m2 agar penjernihan udaranya lebih ideal. Nantikan masterumah.id untuk artikel dan tips menarik lainnya, semoga bermanfaat!

Tanaman Hias Pot Taman Rumah

Artikel terkait

Status Inspirasi Rumah

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin