Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

14 Sep 2022

Inspirasi Konstruksi - Material Bangun

Alasan Kamu Wajib Memasang Plint, Sentuhan Sederhana namun Banyak Manfaatnya!

Jika kita mengenal lis sebagai panel sambungan dinding dan langit-langit, maka untuk sambungan dinding dan lantai kita menggunakan plint. Plint atau baseboard merupakan panel yang dipasang di antara dinding interior dan lantai. 

Material plint juga beragam mulai dari kayu, MDF, PVC, aluminium, sampai batu alam. Sehingga banyak opsi plint yang bisa kamu sesuaikan dengan ruanganmu. Tapi ternyata plint tidak sekedar mempercantik ruangan saja, meski sederhana memasang plint ternyata memberimu banyak keuntungan loh

Kali ini, masterumah.id ingin mengulas keunggulan plint dan mengapa sebaiknya memasang plint di rumah, simak yuk!

Tidak ada konstruksi yang sempurna, terkadang kita menemukan celah pada sambungan antar dinding dan lantai. Plint merupakan solusi praktis untuk menyembunyikan celah pada sambungan dinding dan lantai. Lalu jika terdapat sedikit kemiringan, memasang plint akan membuat dinding dan lantai terlihat rapi serta simetris.

Kabel yang berantakan bukan lagi masalah dengan memasang plint pada dindingmu. Kamu dengan mudah menyembunyikan kabel di baliik panel-panel plint yang terpasang. Sehingga ruangan jauh lebih rapi dan bersih dari kabel-kabel yang berantakan. 

Jika kamu suka tampilan geometris dan seamless, memasang plint merupakan pilihan yang tepat. Sambungan antar plint sangat tipis dan mudah sekali untuk disembunyikan dengan dempul. Karena ukurannya presisi pemasangan di area sudut maupun pertemuan antar dinding dapat dilakukan dengan mudah.

Tidak bisa dihindari bahwa bagian bawah dinding sering kali kotor dan cepat rusak. Plint dapat melindungi dinding maupun cat dari kerusakan akibat debu maupun goresan dari perabotan kita. Beberapa material plint bahkan mudah dibersihkan jadi kamu tidak perlu takut plint kotor.

Tentu saja keunggulan utama dari plint adalah membuat tampilan ruangan lebih indah. Plint memberi tekstur yang estetik dan dinamis pada dinding. Kamu juga bisa meletakkan LED strip di sepanjang plint, untuk menambah dekorasi dan menjadi penerangan di malam hari. 

Tips tambahan, kamu bisa mengecat atau memilih warna plint yang sesuai dengan warna kusenmu. Sentuhan sederhana tersebut membuat plint lebih menyatu dengan ruangan. Ikuti terus masterumah.id untuk artikel dan pembahasan menarik lainnya, semoga bermanfaat!

Interior Dekorasi Rumah Gipsum

Artikel terkait

Status Inspirasi Rumah

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin