Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

13 Sep 2022

Inspirasi Desain - Ruang Keluarga

Intip Dekorasi Warna Merah, Gak Serumit Trik-Trik Pesulap Merah Kok! 

Warna merah terkenal sebagai warna yang tegas dan berani, tidak heran jika banyak orang memilih warna merah sebagai warna favoritnya. Kalau kamu salah satu penggemar warna yang satu ini, menghadirkannya di dalam dekorasi rumah merupakan hal yang wajib. Namun ternyata mengaplikasikan dekorasi bernuansa merah tidak boleh asal-asalan. Penggunaan warna merah yang salah bisa-bisa mengurangi fungsi dan kenyamanan ruangan.

Nah kali ini masterumah.id ingin berbagi tips bagaimana bermain dengan warna merah untuk derkorasimu. Penggemar warna merah wajib tahu!

Warna merah bersama kuning, hijau, neon, dan warna tua lainnya tergolong sebagai warna yang energetik. Artinya warna merah menghadirkan semangat, emosi, serta kesan dramatis di ruangan. Sehingga warna ini sangat cocok untuk menceriakan dan menemanimu berkegiatan sehari-hari. 

Karena sifatnya tersebut, warna merah sangat cocok dipadukan di beberapa ruangan seperti ruang tamu dan ruang keluarga. Aktivitas dan obrolan terasa lebih meriah jika dibalut dengan sentuhan merah. Warna merah juga membantu menghadirkan kesan romantis dan intim di kamar tidur. Namun perlu kamu ingat, warna merah juga dapat membuatmu gelisah dan susah beristirahat, jadi komposisikan warna merah dengan baik ya!

Tentunya palet warna merah sangatlah luas, masterumah.id ingin berbagi tips memilih warna merah yang paling serasi untuk dekorasimu. Cara paling mudah adalah menyesuaikan warna merah dengan desain interiormu, seperti berikut:

- Desain tradisional: warna merah terbaik untuk desain tradisional adalah warna merah gelap maupun keunguan, seperti burgundi atau merah kecoklatan untuk menimbulkan kesan antik.

- Desain modern: sementara desain modern memberimu keleluasaan memilih warna merah yang kamu suka, mulai dari warna primer maupun warna-warna klasik.

- Desain transisi: apabila kamu menggabungkan nuansa klasik dan modern, warna merah yang pop berpadu dengan warna-warna netral merupakan kombinasi terbaik.

Agar tercipta dekorasi yang apik, maka warna merah perlu dibantu dengan warna lainnya. Kombinasi terbaik dengan warna merah adalah warna hijau. Dalam roda warna, hijau merupakan komplementer dari merah. Sehingga efek dari kedua warna ini saling melengkapi satu sama lain. Gabungan kedua warna ini bisa kamu aplikasikan untuk area outdoor maupun indoor.

Selanjutnya warna kuning maupun emas dengan warna merah juga merupakan paduan yang baik, terlebih jika kamu ingin menghadirkan nuansa klasik dan elegan. Tidak ketinggalan juga kombinasi dengan warna-warna netral yang tak pernah salah. Warna netral atau pastel akan menurunkan intensitas yang dihadirkan oleh warna merah sehingga ruangan terlihat lebih seimbang.

Jika kamu menggunakan warna merah sebagai warna dinding, sebaiknya gunakan palet yang sama untuk warna-warna furniturnya. Dengan demikian akan tercipta satu kesatuan tema dekorasi. Namun jika hal tersebut kamu rasa terlalu berani, cukup gunakan warna merah di furnitur, karpet, ornamen, maupun pintu. Warna merah merupakan warna yang cukup kuat, menggunakannya sedikit saja sudah cukup untuk menyita perhatian kita.

Mendekorasi ruangan dengan warna merah ternyata tidak serumit trik-trik Pesulap Merah kan? Jika kamu ingin memberi bumbu dan kesegaran di ruangan, warna merah sudah pasti pilihan yang terbaik! Nantikan artikel dan tips menarik lainnya hanya di masterumah.id, semoga bermanfaat!

Interior Rumah Minimalis Desain

Artikel terkait

Status Inspirasi Rumah

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin