Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

13 Sep 2022

Ruang Keluarga - Rumah & Keluarga

Bakar Sampah Enggak Salah Kok, Yang Penting Caranya Benar

Salah satu alasan menumpuknya limbah, utamanya limbah rumah tangga di lingkungan adalah karena sulitnya pengolahan limbah. Memang benar sudah banyak tutorial di berbagai media, mungkin juga sudah ada penyuluhan dari pihak terkait mengenai isu ini. Tetapi karena beragam alasan, pekerjaan tersebut hannyalah menjadi angan.

Sebagai langkah penyelesaian, tidak jarang dilakukan pemusnahan limbah rumah tangga berupa plastik, kardus dan material padat lain dengan cara dibakar. Dari polemik ini akhirnya memunculkan dilema terutama bagi kepala lingkungan, karena sebenarnya membakar sampah bukanlah metode yang dipercaya tepat, tetapi memang hanya itu yang bisa dilakukan.

Membakar sampah sebenarnya hannyalah metode perubahan jenis limbah dari bentuk limbah cair atau padat menjadi gas. Ditambah lagi karbon monoksida dan emisi yang dihasilkan yang semakin mengganggu. Meskipun sering kali dilanggar, kepercayaan itulah yang ditanamkan turun-temurun mulai dari bangku Sekolah Dasar. Namun sebenarnya, membakar sampah juga bisa termasuk ke dalam metode yang diizinkan meski tidak terlalu disarankan dalam menangani masalah limbah selama cara yang digunakan benar seperti yang akan dibahas dalam artikel masterumah.id kali ini.

Masalah terciptanya polusi baru dari hasil pembakaran yang mungkin lebih berbahaya  merupakan alasan lain yang menjadikan ditentangnya pemusnahan dengan metode pembakaran. Beberapa materi baik cair ataupun padat dapat berubah menjadi gas berbahaya ketika bersentuhan dengan api. Sebut saja seperti gelas dan logam pejal, sampah basah, PVC tidak sepatutnya dimusnahkan dengan cara dibakar meskipun keberadaannya terbilang hanya sedikit dalam tumpukan.

Karena proses bakar membakar ini berhubungan dengan udara, maka sudah sepatutnya untuk kalian memastikan kondisi udara sekira sebelum melakukan pembakaran. Lingkungan dengan pasokan udara yang baik dan cukuplah yang bisa melakukan pemusnahan sampah dengan cara dibakar.

Kalian mungkin sering melihat peringatan dilarang terkena panas di kaleng-kaleng sisa minuman. Bahaya ledakan menjadi risiko yang paling dihindari apabila wadah tersebut terkena api, oleh karenanya pastikan jika kalian telah lebih dulu memisahkan kaleng-kaleng bekas tersebut jika memang opsi pembakaran harus diambil sebagai metode pemunahan.

Beberapa syarat harus lebih dulu dipenuhi oleh material yang akan dimusnahkan dengan cara dibakar. Dari semua syarat yang harus dipenuhi, sampah yang homogen dan kering menjadi syarat mutlak untuk dilakukan pembakaran sampah.

Tidak ada yang salah dari semua pekerjaan selama kalian bisa menjalankannya dengan benar. Semoga dengan artikel ini dapat menghapus keraguan kalian dalam setiap pekerjaan agar kalian dapat melakukannya dengan  benar, selamat mencoba!!!

Artikel terkait

Status Inspirasi Rumah

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin