Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

22 Jun 2022

Inspirasi Konstruksi - Desain Arsitektur

Bukan Sekedar Rumah Penuh Tumbuhan, Rumah Hijau Juga Bagus Untuk Kalian Dan Lingkungan

Sulitnya mendapat kualitas udara yang baik menjadi isu yang sering muncul di kota-kota besar. Maka sangat wajar saat konsep rumah hijau disosialisasikan antusias pasar sangatlah besar.

Rumah hijau sendiri bukanlah sekedar rumah yang dipenuhi tumbuhan-tumbuhan hijau di dalamnya. Lebih dari itu, rumah hijau lebih menekankan aspek penghematan energi dan peningkatan kualitas hidup pemiliknya.

Dalam sepuluh tahun terakhir tercatat bahwa perkembangan rumah hijau cukup signifikan. Bagaimana tidak, banyaknya manfaat yang didapat dari rumah hijau memang sangat menggiurkan. Berikut masterumah.id akan menjelaskan beberapa manfaat dari rumah hijau yang pasti akan membuat kalian ikut ingin memilikinya.

Meskipun di rumah, bukan berarti akan mudah mendapatkan udara dengan kualitas yang baik. Parameter kualitas udara yang paling terkenal adalah polusi udara akibat pembakaran bahan bakar fosil. Namun untuk mengukur polusi udara di rumah justru lebih kompleks. Beberapa hal seperti kelembaban, bau bahan kimia furnitur yang terlalu menyengat, hingga dinding lapuk menjadi sumber polusi yang tak kalah berbahayanya dengan karbon monoksida.

Masalah kesehatan serius seperti ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) hingga kanker paru-paru menanti di depan mata jika terlalu sering menghirup udara kotor itu. Dari kekhawatiran inilah muncul kesadaran untuk menggunakan ventilasi udara dan memaksimalkan penggunaan jendela. Langkah ini juga termasuk dalam salah satu penerapan konsep rumah hijau. Saluran sirkulasi udara yang maksimal memungkinkan terjadinya pertukaran udara yang baik yang dapat menjaga kelembaban dan suhu ruangan.

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa ruangan dengan kelembaban dan suhu udara tinggi akibat peningkatan kadar karbon dioksida di dalamnya dapat menghambat konsentrasi dan membuat orang-orang di dalamnya merasa cepat lelah. Selain itu juga kondisi lingkungan yang demikian dapat mempercepat perkembangbiakan nyamuk yang tak sedikit berperan sebagai agen penyebaran beberapa penyakit salah satunya demam berdarah.

Penerapan rumah hijau sedikit banyak dapat memperbaiki tingkat kelembaban dan suhu di sebuah ruangan bahkan rumah. Target yang diharapkan dari perbaikan ini adalah meningkatnya fokus penghuni rumah terutama bagi mereka yang masih dalam usia sekolah.

Penerapan konsep rumah hijau juga berimbas pada produktivitas. Karena dengan menerapkan konsep rumah hijau, jumlah cahaya alami yang dipercaya mampu merangsang daya pikir seseorang sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja bertambah. Tak hanya itu, kebutuhan cahaya alami yang terpenuhi juga berpengaruh dalam menciptakan perasaan optimis dan bahagia sehingga suasanya yang tercipta di dalam rumah akan lebih positif.
Pada praktiknya, pemanfaatan cahaya alami pada rumah hijau juga dibarengi dengan penggunaan task lighting di beberapa titik serta penambahan dimmer dan timer untuk instalasi listrik di rumah. Langkah ini dapat membantu membangun suasana lebih kondusif bagi penghuninya serta merupakan salah satu cara ampuh dalam penghematan energi.

Karena bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup penghuni rumah, pemilihan material untuk furnitur rumah hijau juga sangat dipertimbangkan. Sebisa mungkin furnitur yang digunakan berasal dari bahan organik yang tidak mengandung karsinogen.

Masih terkait dengan penggunaan alat rumah tangga, konsep rumah hijau juga menerapkan prinsip biomimicry. Biomimicry merupakan cara meniru perilaku makhluk hidup yang diintegrasikan dalam desain peralatan rumah tangga. Contohnya seperti penggunaan cat anti kotoran dari daun teratai dan bentuk dari alat rumah tangga yang menyerupai keadaan sebenarnya di alam.

Walaupun rumah dengan jumlah tanaman hias yang banyak belum tentu dapat dikategorikan sebagai rumah hijau, namun keberadaan tanaman hijau sendiri sudah menjadi ciri khas dari rumah hijau.  Selain menjadi ciri khas rumah hijau, keberadaan tanaman hias juga mampu menenangkan pikiran. Maka tak salah jika tanaman hias disebut juga sebagai obat dari masalah mental.

Tidak ada ruginya menerapkan konsep rumah hijau di rumah kalian. Selain dapat menyehatkan diri sendiri, rumah hijau juga bagus bagi perbaikan lingkungan. Semoga setelah membaca artikel ini, niat baik kalian untuk menjadi bagian dari perubahan kualitas lingkungan lewat rumah hijau semakin bulat, selamat mencoba!

Artikel terkait

Status Inspirasi Rumah

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin