Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

21 Jun 2022

Inspirasi Konstruksi - Desain Arsitektur

Wujudkan Rumah Impian, Pilih Lisplang Sesuai Karaktermu!

Lisplang merupakan bagian dari struktur atap yang  digunakan untuk membuat sisi tepi atap lebih rapi. Selain itu, fitur atap ini juga berfungsi untuk melindungi rumah dari perubahan cuaca yang mempengaruhi usia bangunan.

Penggunaan lisplang juga bisa dijadikan identitas dari sebuah bangunan yang berarti juga merupakan cerminan dari pemiliknya. Untuk itu penting untuk memilih lisplang yang tepat sesuai karakter kalian. Agar tidak salah pilih, di artikel masterumah.id kali ini ada beberapa jenis lisplang yang bisa kalian pilih sesuai dengan gaya kalian sendiri. Simak baik-baik ya!

Terdapat dua jenis lisplang kayu yang umum digunakan di pasaran. Dengan masing-masing lisplang memiliki pembawaannya sendiri.

Contohnya lisplang kayu polos yang membawa nuansa minimalis dan natural. Lispang jenis ini akan menciptakan penggambaran bahwa pemilik rumah berjiwa sederhana. Lispang ini dibuat dari kayu meranti yang terkenal memiliki karakter keras dengan durabilitas yang tinggi.

Lain halnya dengan lisplang kayu motif. Jika lisplang kayu polos membawa nuansa minimalis, maka lisplang kayu yang satu ini kental dengan nuansa mewah yang etnik. Hal itu membuat lispang ini cocok untuk rumah bergaya limas tradisional. Maka tak heran jika lisplang jenis ini banyak dipasang di tepi atap  rumah joglo. 

Alih-alih menggunakan kayu, perkembangan dunia fabrikasi logam turut berpengaruh terhadap pergeseran komponen struktur hunian. Terbukti saat ini telah banyak struktur hunian yang mulai bergeser menggunakan logam. Pengaruh usia guna juga menjadi alasan bergesernya penggunaan struktur dari kayu ke logam.

Lisplang pun tak luput dari pergeseran tersebut. Pemasangan lispang logam juga mampu membawa atmosfer lain pada tampilan hunian. Jika lisplang kayu lebih banyak membawa nuansa yang lebih klasik, maka lisplang logam akan membuat tampilan lebih modern dan futuristik. Logam yang biasa digunakan untuk bahan lisplang pun bervariasi, mulai dari aluminium hingga galvanis. Untuk memperkuat nuansa yang modern, kalian bisa menggabungkan lisplang logam ini dengan genteng metal pasir.

Selain lisplang kayu, lisplang beton juga ditawarkan dalam dua variasi, yaitu dengan motif atau tanpa motif. Dengan harga yang lebih ekonomis, lisplang ini memiliki durabilitas yang lebih baik dari lisplang kayu. Sehingga tak heran jika lisplang ini juga sering difungsikan sebagai talang hujan. Buat kalian yang menyukai kesan mewah yang modern, mungkin saja jika lisplang beton inilah yang selama ini kalian cari.

Untuk menghindari hasil yang tumpang tindih antara lisplang dengan poin utama hunian yang coba kalian tonjolkan, perlu untuk memasukkan lisplang dalam rencana anggaran bangunan sejak awal. Semoga dari artikel ini kalian bisa menemukan lisplang mana yang paling sesuai dengan kepribadian kalian, selamat mencoba.

Artikel terkait

Status Inspirasi Rumah

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin