Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

20 Jun 2022

Ruang Keluarga - Kreasi Keluarga

Lampu Estetik Viral di TikTok, Kamu Bisa Bikin Sendiri Loh!

Tidak cuma berfungsi sebagai penerangan saja, lampu merupakan ornamen penting untuk melengkapi interior kamar. Pencahayaan yang tepat juga berperan menentukan mood apa yang ingin kita hadirkan di kamar kita. Oleh karena itu, penataan lampu sangatlah penting di saat mendekorasi kamar. Nah kali ini masterumah.id ingin berbagi tentang desain lampu estetik yang sempat viral di tiktok, namanya cloud lamp! Cocok banget untuk menjadi dekorasi kamarmu!

Seperti namanya cloud lamp atau lampu awan memiliki bentuk seperti awan di langit, terkesan empuk dan lembut. Dan jika dipadukan dengan lampu LED, maka langit-langit kamar seolah dihias dengan gumpalan awan yang warna-warni. Lampu awan ini ternyata bikin kamu buat secara DIY loh, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini!

Pertama-tama kamu perlu menentukan seperti apa bentuk awan yang ingin kamu buat. Kamu bisa mencari inspirasi dengan memandang langit atau mencari foto awan di internet maupun pinterest. Jika sudah menemukan bentuk awan yang disukai, kamu bisa membuat sketsa termasuk dengan warna apa yang ingin kamu hadirkan. Tidak lupa juga tentukan spot di mana kamu ingin meletakkan lampu awanmu, perencanaan yang baik akan mempermudah proses pengerjaannya.

Bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat lampu awan tidak terlalu banyak dan relatif mudah didapatkan. Berikut bahan dan alat yang perlu kamu persiapkan:

- Lampu LED strip 

- Kapas sintetis atau dakron 

- Beberapa lampion 

- Senar yang cukup kuat

- Pengait

- Gunting dan cutter

- Kabel 

- Lem dan double tap

Jika semua bahan dan alat sudah siap, saatnya kita beranjak ke proses pembuatan!

Mengapa menggunakan lampion? Lampion berfungsi sebagai base lampu awan, cara ini juga memudahkanmu untuk membentuk awan yang bulat dan bervolume. Gunakan lampion kertas, karena mudah dilubangi untuk memasang lampu LED. Pilihlah beberapa bentuk dan ukuran lampion sesuai dengan bentuk awan yang ingin kamu buat.

Langkah selanjutnya adalah membuat awan dengan kapas sintetis atau dakron. Sisir dengan jari dan cabut kapas hingga menjadi serat-serat yang lebih kecil. Gunakan lem untuk menrekatkan kapas di permukaan lampion untuk membuat lapisan dasar. Jika permukaan lampion sudah tertutupi, tempelkan lagi kapas di atasnya, lakukan secara berulang hingga terbentuk awan yang kamu inginkan. Meskipun prosesnya cukup lama dan butuh kesabaran, menciptakan awan sendiri terasa menyenangkan!

Sedikit catatan, jika kamu ingin mendaur ulang kapas dari boneka lamamu pastikan materialnya merupakan kapas sintetis. Karena kapas sintetis tidak mudah terbakar jika terkena percikan api atau terjadi konsleting listrik sehingga lebih aman.

Pasang pengait di langit-langit kamar sesuai dengan spot-spot yang kamu tentukan di awal. Jika sudah terpasang, ikat lampu dengan senar dan gantungkan di langit-langitmu. Atur lagi lampu awan untuk menentukan penataan yang terbaik.

Proses terakhir sedikit tricky, yaitu memasang lampu LED strip pada lampu awan. Gunakan double tape untuk merekatkan lampu LED dan sembunyikan di bawah kapas. Pada proses ini kamu juga membutuhkan cutter dan gunting untuk melubangi lampion sebagai jalur lampu LED. Tata lampu hingga menemukan pencahayaan yang sesuai dan membuat lampu awan terlihat natural. Nyalakan lampu untuk mengetes apakah lampu sudah bekerja dengan benar. 

Untuk sentuhan akhir, kamu sembunyikan kabel agar tidak merusak tampilan lampu awanmu. Beri pengait di dinding sebagai tempat menggantung saklar agar tidak membebani lampu awan. Kini kamu siap untu tidur nyenyak ditemani oleh lampu awan.

Mungkin bagi kamu yang bertanya, apakah bisa menganti lampu LED dengan Bohlam? Sebaiknya kamu tidak menggunakan bohlam untuk lampu awan. Karena bohlam mudah panas dan berisiko untuk membuat lampu awan terbakar. Jadi agar lebih aman hanya gunakan lampu LED ya!

Ternyata cara membuat lampu awan cukup simple ya! Suasana kamar jadi lebih kece dan kekinian, siap kamu pamerin di tiktok! Ikuti tips-tips rumah dan DIY yang menarik lainnya di masterumah.id, semoga menginspirasimu!

Artikel terkait

Status Inspirasi Rumah

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin