Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

16 Jun 2022

Inspirasi Desain - Taman

Gak Cuma Teduh, Tampilan Rumah Jadi Lebih Indah Dengan Atap Awning Loh!

Cuaca merupakan faktor alami yang sangat mempengaruhi kondisi rumah. Karena faktor cuaca tidak dapat dihindari maka selain kita cermat memilih material rumah, memasang atap tambahan menjadi hal yang wajib. Terlebih tinggal di Indonesia dengan cuacanya yang tidak menentu, atap tambahan akan membantu menghindari kerusakan rumah akibat perubahan cuaca.

Nah masterumah.id ingin berbagi tentang atap tambahan yang fleksibel dan bikin tampilan rumah jadi tambah keren, kenalan sama awning yuk


Awning merupakan semacam cover atau atap tambahan untuk melindungi rumah dari matahari dan hujan. Material atapnya terbuat dari jenis kain yang kedap air seperti kanvas, terpal, atau polyester. Awning umumnya dipasang menempel dengan area rumah, namun atap tambahan ini juga bisa dipasang pada area outdoor seperti di atas kursi taman atau kolam.


Awning merupakan atap tambahan yang fleksibel untuk melindungi rumah dari berbagai perubahan cuaca. Memasang awning juga dapat menghalangi terik matahari, sehingga temperatur ruangan menjadi lebih dingin. Selain itu, awning juga dapat merupakan elemen dekorasi untuk memperindah tampilan rumahmu.

Meskipun awning secara umum berfungsi sebagai atap pelindung dari perubahan cuaca, terdapat beberapa variasi tergantung fungsi dan di mana kamu ingin meletakkannya. Berikut empat jenis awning yang bisa jadi inspirasimu!

- Awning jendela dan pintu


Meskipun sering ditemui di bangunan komersial, awning jenis ini juga banyak diterapkan pada area rumah. Atapnya berbentuk melengkung sehingga air hujan terhindar masuk dari jendela ataupun pintu. Selain mencegah tempias, atap ini juga mencegah terik matahari masuk ke dalam rumah, membuat ruangan jadi lebih adem. Bentuknya yang unik pasti bikin tampilan rumahmu lebih estetik.

- Awning patio


Jenis awning satu ini cukup terjangkau dan termasuk yang paling banyak digunakan. Seperti namanya awning ini menjadi atap bagi patio atau area duduk outdoor. Sehingga kamu bisa bersantai tanpa perlu khawatir kepanasan atau kehujanan.

- Awning metal


Jika awning patio menggunakan material atap kain, maka material atap untuk jenis awning ini terbuat dari logam. Material aluminium menjadi pilihan karena cukup fleksibel dan ringan serta memberi perlindungan yang lebih tahan lama. Nilai plus lainnya, awning ini juga bisa kamu cat sesuai dengan tampilan rumahmu.

- Awning dengan tiang penyangga


Jika jenis-jenis awning sebelumnya dipasang menempel dengan rumah, awning jenis ini memiliki tiang penyangga mirip kanopi. Namun perlu kamu ingat, atap hanya digunakan untuk menghalau sinar matahari saja ya, karena material kainnya tidak kedap air. Meskipun tidak dapat berteduh dari hujan, awning ini bisa menjadi pilihan atap outdoor yang fleksibel dan menghindarkanmu dari terik matahari.

Jika kamu tertarik memasangnya, harga dari atap ini cukup bervariasi mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah per meternya. Tentu saja harganya tergantung dari tipe awning dan kualitas material yang digunakan. Meskipun beberapa produk awning dapat dipasang secara DIY, kamu sebaiknya menambah biaya instalasi agar mencegah kerusakan bangunan saat pemasangannya.

Gak cuma bikin teduh, awning bikin rumah jadi makin estetik. Bagaimana pendapatmu tentang awning? Tulis di komentar ya! Ikuti masterumah.id untuk ulasan menarik lainnya, semoga bermanfaat!

Artikel terkait

Status Inspirasi Rumah

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin