Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

14 Jun 2022

Ruang Keluarga - Aktivitas Keluarga

Sumber-Sumber Bau Tak Sedap yang Sering Muncul di Rumah, Bagaimana Mengatasinya?

Rumah yang wangi dan rapi pasti merupakan harapan semua orang. Tetapi sesuatu yang tidak diharapkan seperti munculnya bau-bau yang kurang sedap juga tidak pernah bisa ditebak.
Kehadiran bau menyengat kurang mengenakkan seperti itu pasti akan sangat mengganggu kenyamanan kalian dan keluarga. Terutama jika bau yang semula hanya ditemukan di satu ruangan mulai menyebar ke seluru penjuru rumah.

Kali ini masterumah.id akan beberkan dari mana saja kemungkinan bau itu bisa muncul. Selain itu masterumah.id juga sudah siapkan beberapa cara untuk mengatasinya.

Biasanya bau-bauan kurang sedap muncul di sekitar rak penyimpanan sepatu. Tidak mengherankan karena kondisi lembab yang mungkin saja terjadi di bagian dalam sepatu membuat bakteri penyebab bau tumbuh dan berkembang di dalamnya.

Kalian juga tidak perlu panik dan buru-buru mencucinya apabila memang sepatu tersebut akan dan harus segera digunakan keesokan hari. Karena belum tentu juga dalam waktu kurang dari 24 jam apalagi di malam hari sepatu kalian akan cepat kering. Tapi kalian mungkin bisa mengakalinya dengan menempatkan sekantong teh atau kopi di dalam sepatu untuk membunuh bau tidak sedap yang tadinya muncul ke permukaan.

Secara estetika kehadiran karpet memang mampu menambah nilai dari ruangan. Tapi dari karpet juga dapat muncul bau-bau yang tidak terduga. Bau-bau tersebut berasal dari beberapa keadaan yang dialami karpet seperti tumpukan debu, lembab, atau mungkin sisa bekas tumpahan makanan.

Meskipun demikian bukan masalah yang rumit untuk mengatasinya. Siapkan saja secangkir bubuk baking soda dan minyak esensial dengan bau yang kalian suka. Campuran keduanya, lalu taburkan secara menyeluruh di atas karpet. Baking soda berfungsi untuk menetralkan bau, sedangkan minyak esensial berfungsi sebagai bau eksternal tambahan favorit kalian.

Bagian lain dari rumah yang dapat dicurigai sebagai penghasil bau adalah kulkas. Makanan kedaluwarsa, noda-noda dari sisa makanan dan sayuran atau makanan yang terlupakan dan mulai membusuk menjadi alasan kulkas memunculkan bau-bau yang kurang enak dihirup.

Membersihkan kulkas adalah satu-satunya cara untuk mengusir bau yang dihasilkan oleh kulkas. Mulailah dengan mengosongkan kulkas sambil memilah bahan makanan mana saja yang masih bisa disimpan atau harus segera dibuang. Selanjutnya bersihkan setiap rak, kalian bisa mencuci kulkas dengan sabun cuci piring kemudian dibilas. Jika sudah selesai jangan lupa untuk mengembalikan isi kulkas ke tempat semula.

Tempat sampah menjadi sumber bau yang paling tidak terhindarkan di rumah, utamanya tempat sampah yang tidak tertutup yang berada di dalam rumah. Biasanya tempat sampah paling bau berada dari dapur. Sisa makanan yang masuk ke dalamnya yang menjadi masalah utama. Untuk itu kalian harus rajin-rajin memindahkan sampah di dalam rumah ke pembuangan yang biasanya terletak di depan rumah. Sampah di depan rumah selanjutnya akan diangkut oleh petugas kebersihan setiap harinya. Namun jika bau sampah tersebut sudah terlanjur mencemari lingkungan kalian bisa menetralkannya dengan pengharum ruangan yang nyaman bagi kalian.

Untuk kalian yang memelihara hewan peliharaan, perhatikan selalu kebersihan hewan peliharaan kalian. Memperhatikan kebersihan di sini bukan hanya sekedar kebersihan hewan peliharaan itu sendiri. Kalian pasti sudah tahu jika memiliki peliharaan, juga harus menyiapkan perintilan-pertintilan yang tidak sedikit. Perintilan tersebut termasuk tempat mereka harus buang air. Pastikan jika kalian tidak lupa untuk membersihkannya dan juga tempat-tempat mereka bermain.

Semoga dari artikel ini kalian tidak lagi kebingungan mengatasi bau menyengat yang tiba-tiba muncul di rumah. Karena selama bau tersebut masih dalam kadar wajar, bukan hal sulit untuk mengatasinya, selamat mencoba!

Artikel terkait

Status Inspirasi Rumah

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin