Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

07 Jun 2020

Inspirasi Desain - Dapur

5 Tips Dapur Sederhana Untuk Keluarga Muda





Bicara soal dapur, keluarga muda atau baru punya satu anak punya ciri khasnya. Dapur mereka cenderung lebih sederhana karena belum banyak peralatan atau bahan makanan yang disimpan. Selain sederhana, dapur milik keluarga mudah juga terbilang kecil karena mengikuti ukuran rumah.

Kendati sederhana, dapur tetap perlu didesain sedemikian rupa. Apalagi buat kamu keluarga muda yang punya hobi memasak. Dengan sentuhan tepat, kamu bisa menyulap dapur sederhana menjadi tempat yang menyenangkan. Berikut 5 tips menata dapur sederhana khusus buat kamu keluarga muda.

Meja Tersembunyi

Meja tersembunyi cocok buat keluarga muda yang mungkin keberatan mengeloksi perabotan. Alasannya, cukup sederhana. Ukurannya yang besar tak jarang membuat dapur menjadi lebih sempit dan tampak tidak praktis. Untuk itu, kamu bisa memilih alternatif meja tersembunyi.

Maksudnya, meja tersebut tidak harus seperti umumnya yang berdiri dengan kaki-kaki. Kamu bisa memulainya dengan mempersiapkan sebidang kayu. Lalu sisipkan kayu tersebut pada sebuah lemari. Ketika kamu membutuhkan, tinggal tarik saja. Begitu juga saat kamu selesai, cukup dorong dan masukan lagi ke dalam. 

Lemari Multifungsi 

Sama seperti meja, lemari termasuk perabotan besar yang kerap memakan ruang dapur. Buat keluarga muda, tentu saja itu kurang praktis. Kamu hanya butuh satu lemari berukuran sedang, namun punya ruang penyimpanan yang lengkap. Ketika kamu butuh bahan makanan, bumbu, piring, mangkuk atau peralatan dapur lain, tinggal buka saja lemari itu. Semua yang kamu butuhkan sudah tersedia di dalam. 

Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan satu lemari berukuran sedang yang sudah tersedia ruang di tengah. Tak perlu lebar, yang penting cukup meletakkan kompor, cutting board, tempat sendok, dan beberapa gantungan spatula. Untuk lokasinya, usahakan tidak jauh dari wastafel. 

Dapur dengan Ruang Makan

Model dapur ini sedang populer di kalangan keluarga muda. Karakternya simpel dan praktis, mirip seperti kehidupan keluarga muda. Konsepnya juga persis dengan open kitchen yang jamak ditemukan di restoran ternama. Bandingkan dengan dapur yang letaknya cukup jauh di dalam. kamu harus bolak-balik membawa makanan ke meja.

Tetapi, hal itu tidak berlaku jika kamu punya dapur yang menyatu dengan ruang makan. Sederhana dan tanpa membutuhkan banyak perabotan. Usai memasak, hidangan bisa langsung disajikan.

Ventilasi

Keluarga muda terbilang jarang melakoni aktivitas di dapur. Kendati begitu, dapur tak boleh dibiarkan sepi begitu saja. Dapur harus tetap terasa segar dan terawat. Caranya dengan menyediakan ventilasi yang cukup. Selain berfungsi menjaga agar dapur tetap segar, ventilasi memberikan jalan masuk cahaya. Sehingga, dapur kamu pun akan terlihat lebih cerah.

Sentuhan Kekinian

Biar tak terkesan dewasa, dapur harus mendapat sentuhan nuansa muda. Kamu bisa menambahkan sentuhan warna kekinian di sejumlah sudut dapur. Bisa juga dengan memberikan sedikit hiasan, bisa tanaman hias sampai gambar-gambar pemberi semangat. Dengan catatan, hiasan itu tidak membuat dapur kamu terlihat lebih sempit. Prinsip minimalis dan sederhana tetap menjadi pegangan yang utama.

Tips-tips di atas bisa kamu terapkan kapan saja dan di rumah mana saja. Usahakan, gunakan perabotan masak yang sifatnya ringan dan praktis agar mudah untuk digeser. Dengan begitu, kamu sebagai keluarga muda bisa nyaman berlama-lama di dapur. Biar pun sederhana, yang penting bisa menghasilkan hidangan lezat untuk keluarga.

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin