Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

08 Jun 2020

Ruang Keluarga - Aktivitas Keluarga

Memilih Sekolah untuk Si Kecil, Ini yang Harus Diperhatikan





Perubahan gaya hidup  mengalami dinamika setiap waktu salah satunya di dunia pendidikan. Di mana sekarang sudah tidak lagi seperti masa di mana orang tua dahulu bersekolah. Era digital saat ini memberikan pengaruh secara tidak langsung pada berbagai aspek kehidupan kita, salah satunya pendidikan.

Bagi anda yang akan menyekolahakan  si kecil tentunya ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan saat memilih pendidikan untuknya. Apa lagi disetiap awal pembukaan tahun ajaran baru. Pasti hampir setiap orang tua sibuk untuk menyiapkan kemana akan memilih  sekolahan untuk si kecil, tentunya semuanya ingin yang terbaik untuk anaknya bukan. Perlu mencermati hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih pendidikan bagi si kecil.  

Akreditasi Sekolah

Sekolah dengan kualitas bagus tentunya bisa menjadi sekala prioritas dalam  menentukan pendidikan untuk si kecil. Hari ini untuk beberapa sekolah negeri sudah tercatat oleh pemerintah melalui akreditasi sekolah yang dilakaukan secara berkelanjutan setiap tahunya. Kegiatan ini selain sebagai pendataan juga penilaian terhadap kualitas sebuah lembaga pendidikan.

Untuk para orang tua bisa melihat di sini bagaimana gambaran sekolah tersebut. Namun tidak sampai di sini saja kualitas sekolah juga bisa kita lihat dari berbagai sisi salah satunya kultur akademik di dalamnya.

Tenaga Kependidikan

Guru dan tenaga kependidikan lainya merupakan unsur dalam sebuah penyelenggaraan  pendidikan. Sebuah sekolahan yang baik adalah sekolah yang mampu mendidik peserta didiknya menjadi pribadi yang lebih  baik dari sebelumnya. Sekolah dalam hal ini akan mampu menggali kemampuan si anak juga membentuk karakter pribadinya.

Untuk saat ini kemampuan mengajar guru sangat dituntut lebih professional. Dengan adanya program sertifikasi bagi guru di sekolah negeri menjadi stimulus bagi guru untuk lebih giat dalam mengajar. Karena tugas guru tidak hanya mengajarkan mata pelajaran saja. Tapi  pendidikan karakter di sebuah sekolah juga  merupakan komponen yang tidak boleh terlewatkan.

Fasilitas Sekolah

Sarana dan prasarana sekolah adalah infrastruktur yang seyogyanya dapat mendukung  dalam kegiatan belajar dan aktivitas lainnya  di sekolahan. Perkembangan motorik dan kognitif anak sangat dipengaruhi oleh lingkungannya. Untuk anak usia yang akan masuk kelas satu sekolah  dasar misalnya kita harus jeli dalam memetakan  kebiasaan dan minat apa yang di gemari oleh si anak. Untuk mendukung ini semua adanya fasilitas sekolah mampu membantu pengoptimalan tumbuh kembangnya.

Jarak Dari Rumah

Jarak tempuh memang terkadang menjadi pertimbangan yang sangat teknis untuk urusan memilih sekolah bagi anak. Kegiatan mengantar dan menjemput anak adalah sebuah rutinitas yang wajib dilakukan oleh orang tua sisiwa. Biasanya untuk sisiwa baru yang masuk ke jenjang sekolah dasar terkadang orang tua masih rutin untuk mengantarkan kesekolah. Namun semakin dewasa akan semakin berani untuk pergi dan pulang ke sekolahannya sendiri.

Bagi  anak yang rumahnya sedikit jauh orang tua  bisa menggunkan jasa ojek online atau  akses kendaraan yang lain untuk antar jemput si kecil jika memang mereka menginginkan pulang atau berangkat sendiri.  

Komunikasikan dengan Anak

Hal yang tak kalah penting dari hal di atas adalah mengetahui keinginan anak itu sendiri. Kita sebagai orang tua dalam hal ini mampu memberikan arahan dari berbagai sisi, namun terkadang keinginan anak bisa berbeda dengan kita. Maka dari itu komunikasi dengan si kecil adalah sesuatu yang tidak boleh kita lewatkan begitu saja, tentunya dengan bahasa dan pendekatan yang tepat ya.

Dari semua faktor di atas tentunya kita bisa melihat bagaimana cara untuk memilih sekolah yang tepat untuk si kecil. Dan tentunya menjadikan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan dan dapat mengembangkan bakat dan minat si kecil.

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin