Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

27 Jan 2022

Inspirasi Konstruksi - Material Bangun

Selain Keramik, Ini Beberapa Ubin Solid Yang Perlu Kalian Ketahui

Ubin atau juga sering disebut tegel memang tak luput menjadi bagian yang turut dipertimbangkan saat mendesain rumah. Selama ini ubin dikenal dengan bahan untuk lantai, padahal penggunaan ubin juga bisa diaplikasikan untuk dinding.

Ubin kerap kali dikaitkan dengan keramik, padahal sebenarnya keramik hanyalah salah satu bahan yang digunakan untuk pembuatan ubin. Kali ini masterumah.com mau berbagi jenis-jenis material ubin yang bisa kalian jadikan tambahan referensi dan pengetahuan tentang dunia perubinan.

Ubin teraso terbuat dari sisa penambangan marmer sebelum akhirnya diolah menjadi ubin lantai. Bagian atas ubin lantai ini terbuat dari pecahan batu bermotif dengan finishing mengkilap yang membuat ubin ini terlihat lebih estetik.

Walaupun terlihat lebih konvensional, namun ubin ini memiliki banyak kelebihan. Ubin batu yang memiliki permukaan yang kasar sangat cocok untuk dijadikan dinding batu alam kamar mandi. Untuk masalah perawatan, ubin batu ini juga tergolong mudah dan memiliki usia pakai yang lama karena kekuatannya yang tinggi.

Mungkin selama ini kalian hanya mengenal ubin kayu sebagai ubin kayu saja. Padahal ubin kayu sendiri dibagi menjadi 3 (tiga) berdasarkan bahan pembuatnya. Seperti, ubin kayu solid yang terbuat dari kayu. Selanjutnya kayu solid enginered yang terbuat dari kayu solid berkualitas rendah yang diberi veneer kayu kualitas tinggi. Dan terakhir ada ubin kayu laminate yang terbuat dari serbuk kayu. Diperlukan perawatan yang teliti jika menggunakan kayu sebagai ubin.

Bahan pembuat ubin porselen adalah tanah lempung dengan kandungan kaolin tinggi. Kaolin ini berfungsi untuk membut tanah liat mudah dibentuk sebelum dibakar. Pengolahan melalui proses printing dapat membuat ubin porselen ini memiliki corak yang hampir menyerupai material lain seperti kayu atau bambu.

Ubin kaca ini bukanlah jenis ubin yang umum digunakan untuk aplikasi lantai karena struktur ubin kaca kurang kuat jika diinjak. Maka pengaplikasian ubin kaca banyak dijumpai untuk dinding. Penggunaan ubin kaca dapat membuat ruangan terlihat lebih luas.

Ada banyak material ubin. Kalian hanya perlu menyesuaikan dengan desain serta konsep rumah kalian agar lebih kece. Semoga bermanfaat! Selamat mencoba!

Artikel terkait

Status Inspirasi Rumah

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin