Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

25 Jan 2022

Inspirasi Konstruksi - Desain Arsitektur

Keramik Bukan Solusi Terbaik

Beberapa orang percaya bahwa memasang keramik pada tembok yang lembab adalah solusi terbaik. Namun sebenarnya anggapan itu kurang tepat. Meskipun keramik memiliki daya tahan yang baik terhadap air, namun secara struktur pemasangan keramik tidak terlalu direkomendasikan. Keramik yang bersifat getas, rawan terlepas saat terjadi getaran seperti gempa. Sedangkan wilayah kepulauan Indonesia memiliki potensi yang cukup besar akan bahaya gempa.

Mengingat letak geografis Indonesia yang berada di antara pertemuan lempeng besar, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik serta banyaknya gunung berapi aktif di daratan Indonesia.

Jika dipikir lagi, menutupi dinding lembab dengan keramik juga tidak menyelesaikan masalah. Karena meskipun dinding tidak lagi terlihat lembab, namun rembesan air sebenarnya masih ada hanya berpindah ke bagian bawah dinding. Rembesan air ini jika dibiarkan malah akan merusak struktur dasar bangunan. Karena bagian dalam dinding akan mengalami abrasi.

Langkah paling tepat untuk mengatasi masalah lembab ini adalah mencari akar masalah dan mengatasinya. Penyebab utama lembab sudah pasti karena kondisi basah pada salah satu bagian rumah.


Pemicunya bermacam-macam, bisa disebabkan karena atap atau talang bocor, drainase yang tersumbat, masalah cuaca dan beebrpa penyebab lain. Mengatasi pemicu lembab ini memang tidaklah mudah, perlu waktu bahkan biaya yang tidak sedikit.

Namun, jika memang kalian ingin mengatasi masalah lembab dengan cepat, pemanfaatan keramik juga tidak ada salahnya. Tetapi perlu diingat juga bahwa pemanfaatan keramik hanyalah solusi jangka pendek untuk mengatasi lembab di rumah kalian. Jadi, meskipun dinding rumah sudah diberi keramik. Kalian harus tetap mencari alasan utama dari lembab yang terjadi agar masalah benar-benar teratai.

Ketika memilih keramik pun kalian bisa memilih keramik dengan motif yang sesuai dengan konsep ruangan kalian agar tidak hanya sekedar mengatasi sementara masalah lembab, tetapi juga bisa sekalian dijadikan penghias rumah. Semoga tips kali ini bermanfaat. Selamat mencoba!

 

Artikel terkait

Status Inspirasi Rumah

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin