Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

07 Jun 2020

Inspirasi Konstruksi - Pembiyaan

KPR Syariah dan Konvensional, Ini Perbedaannya





Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) merupakan solusi atas sulitnya membeli rumah dewasa ini. KPR diberikan oleh lembaga peminjam, mulai dari bank hingga lembaga nonbank. 

Pembiayaan KPR umumnya dibagi menjadi dua, yaitu KPR syariah dan konvensional. Keduanya sama-sama dapat memberikan pinjaman KPR kepada masyarakat. Akan tetapi, keduanya memiliki perbedaan dalam hal prinsip peminjaman. 

KPR syariah, seperti namanya, mengedepankan prinsip syariah Islam. Berbeda dengan KPR konvensional yang seluruh peraturannya ditetapkan oleh lembaga peminjam. Mari kita bahas perbedaan KPR syariah dan konvensional yang diberikan oleh bank. Berikut kami rangkum 5 perbedaannya. 

Akad

Pada prinsipnya, KPR syariah menggunakan akad jual-beli berdasar syariah islam. Dalam islam, dikenal beberapa akad, seperti mudharabah, murabahah, dan musyarakah. Pada kasus KPR, umumnya dipakai adalah akad murabahah. 

Akad murabahah yaitu akad jual-beli dengan bank menambahkan margin pada harga pokok barang. Margin ini sesuai dengan kesepakatan yang dilakukan di awal proses. Murabahah bisa diartikan bahwa bank membeli terlebih dahulu barang yang dibutuhkan oleh nasabah. Setelah itu, bank akan menjual lagi kepada nasabah dengan harga yang berbeda.

Misalnya, Anda ingin mengajukan KPR atas rumah seharga 100 juta. Maka bank akan membeli terlebih dahulu rumah tersebut seharga 100 juta. Setelahnya, bank menjual kembali rumah tersebut kepada Anda seharga 150 juta. Akad ini berbeda dengan transaksi KPR konvensional. Sebab transaksi KPR konvensional akan memberikan bunga. Selain itu, syarat dan ketentuan sepenuhnya dikuasai oleh bank pemberi pinjaman. 

Suku Bunga

KPR Konvensional memberlakukan suku bunga kepada nasabah. Baik suku bunga flat maupun suku bunga anuitas. Sebaliknya, KPR syariah tidak memberlakukan suku bunga apapun. Meskipun demikian, skema cicilan KPR berbunga flat mirip dengan KPR syariah. Besaran cicilan perbulan keduanya tidak berubah selama masa pinjaman. Jadi, total besaran pinjaman keduanya bisa diketahui di awal masa peminjaman.

Batas Masa Tenor 

Dilansir Kompas, umumnya tenor pada KPR konvensional berbeda dengan KPR syariah. Meskipun demikian, masing-masing bank memiliki kebijakan masing-masing dalam membatasi masa tenor pinjaman. Bank Mandiri Syariah dan BNI Syariah, misalnya, memberikan batas waktu maksimal tenor pinjaman selama 10-15 tahun saja. Berbeda dengan BTN dan BNI, tenor KPR konvensional pada kedua bank tersebut bisa mencapai 25 tahun. 

Pemberlakuan Denda

Umumnya, bank penyedia KPR konvensional akan memberlakukan denda bagi nasabah yang terlambat membayar cicilan. Namun, pada KPR syariah, denda biasanya tidak berlaku. Artinya, Anda tidak perlu takur terkena denda bila terlambat membayar cicilan KPR syariah.

Besaran Cicilan

Pada KPR konvensional maupun KPR syariah, tidak ada perbedaan yang berarti. Meskipun demikian, pada dasarnya besaran cicilan dihitung dari pembagian antara besaran pokok ditambah bunga/margin dengan masa tenor. Karena maksimal tenor KPR syariah yang lebih pendek, bisa dikatakan bahwa besar cicilan KPR syariah lebih bisa jadi lebih tinggi ketimbang KPR konvensional.

Selain itu, KPR konvensional punya skema cicilan yang berbeda dibanding KPR syariah. Besaran cicilan bisa lebih rendah bila menggunakan skema bunga floating (mengambang). Pada skema ini, cicilan pada bulan tertentu bisa berkurang, mengikuti besaran bunga yang berlaku di pasaran.
Baik KPR syariah maupun konvensional menawarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Keputusan selebihnya berada di tangan Anda, ingin mengajukan KPR syariah yang aman dari sisi religius, atau KPR konvensional yang menawarkan cicilan bulanan yang lebih rendah?

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin