Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

07 Jun 2020

Inspirasi Desain - Ruang Keluarga

Si Kecil Gesit di Ruang Keluarga, Begini Mendesainnya





Keluarga kecil yang baru memiliki momongan, pasti sangat memperhatikan kenyamanan dan keamanan buah hatinya. Dunia anak adalah dunia yang bebas, ceria, dan aktif. 

Karenanya, dalam mendesain rumah, estetika bukan satu-satunya aspek yang perlu diprioritaskan. Desain rumah yang ramah balita juga harus menjadi penting diperhatikan terutama ruang keluarga.

Ruang keluarga adalah tempat dengan fungsi fleksibel. Selain, tempat bercengkerama, menonton, tidak jarang ruang keluarga juga menjadi ajang bagi si kecil bermain dan menyalurkan hobinya. Dan tentu saja desain ruang keluarga harus memperhatikan beberapa hal berikut:

Nyaman dan Aman

Jika ukuran hunian Anda cukup luas, sediakan area untuk anak bermain yang lapang di ruang keluarga. Anak kecil dengan sifat alaminya yang aktif dan rasa ingin tahu tinggi membutuhkan area luas untuk bermain dan menyalurkan kelebihan energi motoriknya. Tetap perhatikan penempatan perbotan di sekitar ruang bermain tersebut, gunakan perabotan ringan yang minim resiko cidera. 

Namun jangan khawatir, apabila luasan ruang keluarga Anda terbatas, anda bisa menerapkan desain minimalis yang juga tak kalah aman. Ruang keluarga bisa sekaligus menjadi taman bermain yang ceria bagi anak. Anda bisa menata furnitur seperti sofa, lemari, dan bangku agak berjauhan, agar anak tetap bisa berlarian di sana. 

Gunakan pelapis yang lembut dan empuk pada sudut-sudut lemari untuk mencegah cidera ketika anak menabraknya. Alternatif lain, Anda bisa gunakan meja berbentuk oval atau bulat, dan bentuk lain yang tidak memiliki sudut lancip.

Penataan Ruangan

Anak dengan rasa ingin tahu tinggi akan selalu mencoba sesuatu yang baru. Anda bisa gunakan bangku dan meja berlaci untuk menyimpan barang-barang yang sekiranya berbahaya bagi anak. Jauhkan benda kimia dari anak, seperti cairan pembasmi serangga dan pengharum ruangan untuk berjaga-jaga ketika Anda memiliki kegiatan lain. Tempatkan di area yang sulit dijangkau anak.

Sebagai wadah kreatifitas anak, tempatkan mainan di sudut ruangan dengan karpet dan meja empuk yang nyaman. Apabila anak suka menggambar atau hendak belajar menulis, mereka bisa gunakan ruang tersebut. Anda juga bisa menempatkan rak buku untuk hobi membaca anak. 

Pajang karya buah hati Anda di tembok sekitar ruang keluarga sebagai bentuk penghargaan. Hal ini akan meningkatkan motivasi anak untuk terus berkarya. Untuk kenyamanan, pastikan adanya ventilasi tempat sirkulasi udara. Sehingga dalam bermain anak tidak merasa pengap. Apabila rumah anda berada di tengah kota yang mana angin sulit masuk ke dalam, gunakan AC penyejuk ruangan.

Dekorasi 

Dalam menyusun dekorasi pastikan Anda menampung kesukaan anak. Pakailah hiasan yang disukai anak, seperti robot, boneka, dan mainan lain. Namun, tetap perhatikan kerapian dengan tidak menaruh terlalu banyak mainan, sebab akan sangat mengganggu pandangan. 

Dekorasi dinding, Anda bisa gunakan papan tulis yang mudah dihapus sebagai tempat anak mencoret-coret. Jangan batasi kreativitas anak di satu tempat. Bila perlu gunakan cat tembok yang mudah dibersihkan. Perihal warna, gunakan warna-warna bernuansa ceria dan warna-warna cerah. Bila perlu, tanyakan pada anak warna yang disuka. Pastikan juga pencahayaan yang cukup untuk menerangi pandangan anak.

Ruangan Bersih

Memfasilitasi tingkah gesit anak, membutuhkan perhatian ekstra. Oleh sebab itu, jangan malas untuk selalu menjaga kebersihan area ruangan. Tanamkan juga pada anak sifat tanggung jawab. Tingkat kebersihan ruangan akan berimbas pada kesehatan anak. Jangan lupa taruh kotak P3K di ruang keluarga, tempatkan di area yang mudah dijangkau. Hal ini untuk berjaga bila anak terluka ketika bermain. Anda dan anggota keluarga lain akan juga merasa nyaman bila ruang berkumpul tetap bersih. 

Jika dirasa repot mengeluarkan dan memasukkan mainan anak, Anda bisa memodifikasi kursi dengan laci di bawahnya sebagai tempat penyimpanan mainan anak.  Pastikan juga ruangan bersih dari benda-benda tajam, baik pisau di meja atau pines di lantai. hal ini bertujuan menjaga keamanan anak ketika berlarian di sekitar ruangan. Selamat mencoba.

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin