Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

20 Dec 2020

Inspirasi Desain - Kamar

Cara Mengatur Pencahayaan di Kamar Agar Tidur Nyenyak



Pixabay



Tidur nyenyak merupakan keinginan semua orang. Selain nyenyak, saat bangun badan terasa segar pun menjadi dambaan. Namun, kadang kali semua itu terhambat dengan kondisi kamar yang tidak memungkinkan. Salah satunya adalah pencahayaan yang masuk ke dalam kamar, dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. 

Pencahayaan atau lampu yang juga perlu Anda pilih untuk membuat Anda lebih rileks dan nyenyak ketika tidur. Untuk mengatur pencahayaan kamar tidur agar terasa nyaman dan sesuada beberapa hal yang tentu saja harus Anda perhatikan. Meski terkesan sepele, pengaturan cahaya dalam kamar tidur sebaiknya tidak asal-asalan. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatgikan untuk pencahayaan kamar tidur Anda; 

1. Ukuran Lampu

Sebelum membeli lampu penting untuk mengukur ukuran kamar. Hal ini dikarenakan akan mempengaruhi jenis lampu yang dapat digunakan dalam ruang dan jarak penerangannya. Pilihlah lampu yang dapat mengayomi keseluruhan ruang dalan zona-zona tertentu. 

2. Sesuaikan dengan Kegiatan yang Sering Dilakukan di Kamar

Sesuaikan jenis lampu yang digunakan dengan mempertimbangkan kegiatan-kegiatan Anda di dalam kamar. tersebut. Misalnya untuk belajar, pilih lampu yang cahayanya nyaman sehingga tidak membuat mata lebih cepat lelah dan bekerja lebih keras karena cahaya yang minim.

3. Ketinggian dan Luas Kamar

Ketinggian serta luas ruangan memang hampir selalu mempengaruhi aspek lain yang akan diaplikasikan dalam ruangan. Mengingat luas dan ketinggian ruang mempengaruhi cahaya yang akan dibutuhkan, jadi untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat, sebaiknya pilih jenis lampu yang sesuai dengan luas dan tinggi ruangan.

4. Posisi Lampu

Perlu juga Anda ketahui, bahwa pencahayaan kamar tidak boleh langsung berada di atas tempat tidur. Karena Anda akan terus menatap lampu jika sedang berbaring dan akan membuat Anda susah untuk beristirahat.

5. Gunakan Lampu Secukupnya

Pencahayaan cukup dengan lampu yang terpasang di plafon dan juga lampu portabel berupa lampu meja. Terlalu banyak sumber pencahayaan, tentunya akan membuat ruangan terasa tidak nyaman dan terlalu mencolok.

6. Atur Mood untuk Area Kamar Tidur

Warna pencahayaan sangat berpengaruh pada mood kamar. Karena itu jangan salah memilih jenis lampu karena cahaya yang dihasilkan bisa berbeda-beda. Misalnya jika Anda ingin mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, Anda bisa memilih lampu dengan cahaya redup dibandingkan lampu dengan cahaya terang.

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin