Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

25 Nov 2021

Inspirasi Konstruksi - Desain Arsitektur

Hemat Energi Dengan Ide Desain Rumah Tanpa AC

AC telah menjadi bagian penting dari sistem pendingin ruangan di wilayah perkotaan. Namun kini, terdapat tren peningkatan desain rumah yang menghindari penggunaan AC. 


Desain ini memperhatikan beberapa aspek penting, yaitu masalah minimnya jendela, lubang angin, hingga rendahnya plafon. Berikut adalah beberapa ide inspiratif rumah sejuk alami tanpa menggunakan AC.

 


1. Lubang gunungan membuat adem ruangan


Kamu bisa menggunakan lubang pada atap berbentuk pelana. Luban ini harus memperhatikan beberapa hal penting agar rumah tidak pengap dan panas. Jumlah lubang angin sesuaikan dengan iklim bangunan tersebut. Seperti contoh, lubang dibutuhkan banyak apabila kamu tinggal di daerah perkotaan.

 


2. Plafon tinggi


Plafon rendah adalah masalah utama sumpeknya sebuah rumah. Untuk mengakali masalah tersebut, kamu harus membangun rumah dengan plafon yang lebih tinggi. Biasanya, tinggi plafon dibuat lebih dari 3 meter atau setara dengan dua kali tinggi manusia dewasa. Selain itu, ide desain ini membuat kamu jauh dari sumber radiasi. Model plafon tinggi juga bisa diteruskan hingga ke atas lantai dua. Dengan ide ini, udara di dalam ruang akan terasa lebih rega. 

 


3. Rongga bawah atap pengusir panas


Kamu dapat membuat rongga atap yang dapat mengusir radiasi panas dari area loteng. Ide ini dapat digunakan pada bentuk atap datar yang menempel di bangunan tetangga dan efektif pada atap bentuk sandar tanpa plafon.

 


4. Ventilasi silang


Ventilasi silang dapat diterapkan rumah dalam konsep tropis. Tujuan dari sistem ini yaitu untuk menghindari rumah dari suhu panas dengan cara meletakkan dua bukaan secara silang saling berhadapan dalam satu ruang. 

 


5. Perbanyak vegetasi


Pepohonan memiliki beragam fungsi yang tergantung jenisnya. Pohon dapat menjadi perindah, penghasil oksigen, penyerap karbon dioksida, tahan debu, dan banyak lagi. 


Berikut adalah ide-ide desain rumah tanpa AC yang harus kamu ketahui. Ide-ide ini bisa diterapkan dan berdampak terhadap penggunaan energi di rumah yang bakal semakin hemat! Simak terus berbagai artikel inspiratif mengenai desain interior dan eksterior rumah persembahan masterumah.id

 

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin