Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

23 Nov 2021

Inspirasi Desain - Ruang Makan

Ruang Makan dan Dapur Jadi Satu, Pilihan Tepat untuk Rumah Minimalis

Dapur dan ruang makan adalah dua ruang yang berpotensi bisa digabung di dalam satu ruangan. Ide penggabungan ini sangat disarankan pada sebuah rumah dengan luas yang pas/pasan dan sempit. Di luar negeri seperti Singapura, Hongkong atau Jepang, ide penyatuan ruangan ini telah menjadi tren. Hal ini wajar, mengingat keterbatasan lahan membuat sebuah rumah harus difungsikan seefisien mungkin.


Di Indonesia sendiri, konsep ini semakin dipertimbangkan untuk diaplikasikan, terutama di apartemen atau di rumah kecil. Dilansir dari Casa Indonesia, terdapat cara membuat dua ruang ini berintegrasi, pertama yaitu island table multifungsi sebagai tempat memasak dan meja makan, atau membuat meja makan lipat yang menyambung dengan dapur, atau menggunakan meja makan kecil yang bisa berdekatan dengan dapur.


Berikut adalah inspirasi desain penggabungan ruang makan dan dapur yang dapat kamu terapkan!


1. Gaya minimalis

Ruang yang konseptual untuk dekorasi dapat diciptakan dari kondisi ruangan yang semakin kecil. Gaya minimalis membantu ruangan tidak terlalu sempit, tetap bersih, dan dekorasi yang elegan. Gaya penggabungan dapur dan ruang makan yang minimalis memudahkan pemilik rumah untuk memodifikasinya!

 


2. Maksimalkan aksen dan pencahayaan


Integrasi dapur dan ruang makan dapat diciptakan sebagai ruang yang modern dengan beberapa aksen penting. Salah satu faktor penting yaitu pola. Seperti contoh, kamu bisa menghadirkan akses persegi panjang, lingkaran, dan elemen-elemen bergaris yang telah digabungkan di seluruh daerah. Faktor lain yang penting yaitu penggunaan cahaya dan pembagian di dalam ruang.

 


3. Pilih gaya


Gaya yang dimaksud dalam integrasi ruang ini dapat bentuk minimalis, pedesaan, eklektik, hingga pilihan personal. Tetapi penting untuk menentukan dengan baik apa karakteristik dari furnitur dan bahan-bahan yang digunakan.

 


4. Pola garis lurus


Desain garis lurus sangat disarankan untuk diterapkan di integrasi ruang makan dan dapur. Desain garis lurus dapat membuat ruang paralel di daerah yang sama, sembari tetap menjaga simetri dan harmoni pada kedua ruangan. 

 


5. Penanda lantai


Saat dapur dan ruang makan digabungkan, kamu tetap bisa menciptakan pembeda antar ruang makan dan dapur dengan membedakan bentuk atau warna lantai. Selain itu, kamu bisa membedakan ruang dengan meletakkan karpet di bawah meja makan. 


Berikut adalah inspirasi desain penggabung ruang makan dan dapur. Pelajari banyak hal agar penggabungan ruangan tersebut dapat menciptakan fungsi utamanya, yaitu efisiensi ruang disertai faktor estetis. Simak terus berbagai artikel terkait dapur dan desain di dalamnya persembahan masterumah.id

 

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin