Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

13 Jun 2020

Inspirasi Desain - Dapur

Cara Desain Dapur yang Nyaman pada Ruang Terbatas





Dapur sejatinya merupakan pusat dari sebuah rumah. Sebab di dalamnya perut penghuni rumah dibuat kenyang. Selain itu dapur juga bisa menjadi tempat bercengkerama sambil memasak bersama.

Dapur idaman yang mewah dan luas merupakan idaman setiap orang. Namun, kadang impian ini hanya menjadi sekadar impian sebab membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Padahal, membuat dapur yang nyaman tidak harus mahal. Asalkan tepat penataan dan pemilihan materialnya, dapur nyaman bisa tercipta pada ruang yang terbatas sekalipun. Agar lebih mudah, berikut kami rangkum untuk Anda cara desain dapur yang nyaman pada ruang terbatas.

Desain Dapur Terbuka

Desain dapur terbuka nampaknya banyak digunakan dewasa ini. Penggunaan desain rumah modern dan kontemporer membuat desain dapur terbuka turut dijadikan pilihan.

Desain dapur terbuka meminimalisir sekat antara dapur dengan ruangan yang lain. Desain dapur kontemporer ini membikin rumah menjadi nampak jauh lebih luas. 

Untuk menciptakan desain dapur ini, Anda dapat menaruh dapur pada ujung rumah Anda. Atau Anda bisa membuat dapur yang berbatasan dengan area luar ruangan rumah. Gunakan pintu kaca sebagai penutup dapur dengan area luar rumah agar kesan alami muncul. Memasak juga akan menjadi lebih menyenangkan dengan sesekali melihat pemandangan di luar rumah. 

Memanfaatkan sinar matahari dari luar juga dapat menghemat pengeluaran. Sebab, Anda tidak perlu menyalakan listrik pada siang hari. Angin alami yang berhembus juga membuat Anda tidak perlu menyalakan kipas angin maupun AC.  

Maksimalkan Tinggi Dinding

Salah satu masalah yang umum pada dapur adalah terlihat penuh karena banyaknya perabotan masak yang ada. Untuk menyiasati ini, manfaatkan tinggi dinding dengan membuat rak yang disusun vertikal. 

Selain itu, minimalisir perabotan Anda. Terlalu banyak perabotan dapat membuat dapur Anda terlihat penuh. Beli perabotan yang sekiranya memang akan digunakan sehari-hari. Bila pun Anda telah terlanjur memiliki banyak perabotan, maka susun dengan ciamik. Pisahkan antara barang pecah belah dengan yang tidak. 

Warna Monokrom

Pemilihan warna juga penting untuk mendapatkan dapur sederhana namun tetap eye-catching. Anda dapat mengaplikasikan warna monokrom pada dapur untuk mempercantik dapur Anda. 

Misalnya, Anda dapat menggunakan warna putih pada semua dinding maupun furnitur dapur. Selain mendapatkan kesan cerah, warna putih dapat menampilkan kesan elegan pada dapur Anda. Anda juga dapat menggunakan warna lain sebagai warna dominan, seperti abu-abu, cream, atau biru navy.

Dominasi Bahan Alami

Konon, kayu dapat menampilkan kesan luas pada sebuah ruangan. Anda dapat mencoba mengaplikasikan elemen kayu pada dapur Anda. 

Misalnya, Anda dapat menggunakan meja dan kursi dari kayu. Atau Anda dapat mengganti marmer pada meja masak dengan kayu. Selain menampilkan kesan luas, dapur Anda tentu akan terasa lebih alami. 

Selain itu, Anda juga bisa menaruh beberapa vas bunga pada sudut dapur, atau di atas meja makan. Menggunakan tanaman hias pada dapur tentu akan menciptakan nuansa segar pada dapur Anda. Namun, gunakan tanaman hias dengan perawatan yang mudah agar tidak terlalu ribet. 

Nah, demikian cara desain dapur yang nyaman pada ruang yang terbatas. Dengan desain yang tepat, dapur minimalis Anda akan terlihat cantik dan elegan. Tertarik untuk membuat dapur sederhana yang ciamik? Selamat mencoba!

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin