Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

12 Jun 2020

Ruang Keluarga - Rumah & Keluarga

Membuat Usaha Keluarga di Rumah Sendiri, Mengapa Tidak?





Melakukan berbagai aktifitas di dalam rumah tentunya akan lebih menyenangkan, apa lagi kita akan mendapatkan lebih banyak waktu bersama keluarga. Salah satunya berwirausaha. Menggunakan lokasi rumah untuk berwirausaha bisa menjadi pilihan yang tepat.

Untuk ini diperlukan beberapa perhitungan lokasi dan desain rumah yang mendukung usaha Anda. Menjadikan rumah untuk produksi usaha padat karya misalnya.Tentu penataan dan perencanaan yang matang akan membuat usaha Anda semakin cepat terlaksana. Lantas hal apa saja yang perlu disiapkan? Mari kita simak bersama:

Perhatikan Lokasi

Untuk melihat ini Anda sebaiknya melihat terlebih dahulu jenis usaha yang akan Anda mulai. Jika memang memerlukan tempat, pastikan lokasinya tidak menganggu ruangan lain.Sebagai contoh warung klontong. Usaha yang banyak digeluti banyak orang ini tidak membutuhkan biaya penyewaan sebab biasanya hanya membutuhkan sepetak ruang saja. 

Untuk lokasi warung yang berada di bagian beranda rumah, Anda harus melihat penempatan teras dan garasi rumah. Untuk lokasi yang dapat Anda gunakan sebaiknya menempati sisi yang berbeda dengan teras rumah anda. Untuk luas warung bisa disesuaikan dengan luas bagian depan rumah Anda. Namun selain warung klontong usaha mandiri keluarga bisa saja berupa rumah makan, warung pulsa atau penyewaan mobil.

Lahan Parkir
Homeshabby.com


Untuk usaha seperti rumah makan, penggunaan lahan parkir adalah bagian yang mutlak diperlukan. Jika pelanggan Anda mulai ramai lahan parkir terkadang menjadi kendala. Lahan parkir yang sudah tidak cukup dan seringkali mengganggu halaman orang lain akan menjadikan usaha Anda juga bermasalah. Kejadian tidak akan terjadi jika Anda sudah mengalokasikan lahan yang cukup. Untuk lebih memudahkan petugas parkir pemisahan roda dua dan empat bisa menjadi rekomendasi.

Kebersihan

Dalam melakukan usaha apapun, apalagi dilakukan di rumah tentunya kebersihan adalah faktor yang harus selalu dijaga. Pelanggan tentunya akan lebih nyaman dan merasa betah jika rumah makan atau warung rapi dan bersih. Pengunjung akan betah lama-lama di tempat Anda.

Kombinasi Ruangan

Jika usaha yang Anda lakukan harus menempati beberapa bagian rumah, seperti pada rumah makan atau warung. Tentunya ada beberapa ruangan yang memang harus Anda sulap untuk memadukan keduanya. Dalam hal ini kita ambil rumah makan sederhana, café atau warteg.

Anda dapat menata beberapa kombinasi seperti taman, teras, bahkan carport pribadi agar dapat digunakan sebagai bagian dari lokasi usaha. Kombinasi ini tentunya bisa Anda tambahi dengan pembatas area yang didesain secara tegas ataupun bisa fleksibel. Sehingga Anda dapat melakukan usaha sekaligus mendekorasi rumah.  

Komunikasi

Setelah beberapa pertimbangan tadi kita butuh tanggapan dari anggota keluarga terkait ide membuat tempat usaha di rumah. Komunikasi menjadi kunci keberhasilan, jika memang sudah berjalan bahkan Anda dan keluarga dapat bersama–sama  mengembangan bisnis keluarga di rumah. 

Demikian bebebrapa tips yang dapat Anda lakukan jika akan berniat membuat rumah Anda sebagai tempat usaha. Selamat mencoba.

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin