Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

20 Sep 2021

Inspirasi Konstruksi - Desain Arsitektur

Jangan Sampai Salah, Ini Dia Tips Memilih Perumahan yang Tepat!

Memilih rumah pada dasarnya mirip dengan memilih jodoh. Apabila berjodoh, maka penghuni rumah akan merasakan kebahagiaan dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, memilih rumah bukan seperti memilih baju yang bisa diganti kapanpun. Investasi mahal ini memaksa orang-orang untuk memilih segala hal terkait pembelian rumah dengan tepat, salah satunya adalah memilih perumahan yang ideal. Tidak hanya memilih rumah dan tempat, kamu juga harus mempertimbangkan perumahan yang akan kamu tinggali. Perumahan ibarat lingkungan sekitar, apabila tidak menunjang hidupmu dan keluarga, maka investasi terhadap rumah tidak akan mencapai kepuasan maksimal. 

Dengan jumlah pengembang yang sangat banyak dan dengan penawaran yang beragam pula, konsumen harus bisa memilah dan memilih yang tepat dan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Berikut beberapa tips yang bisa digunakan ketika memilih rumah di dalam kompleks perumahan.

 

1. Lakukan riset mendalam

Kamu bisa mencari info sebanyak-banyaknya tentang perumahan melalui mengumpulkan brosur/katalog perumahan yang dibagikan di tempat publik, atau bisa browsing via internet. Info yang banyak akan memudahkan untuk melakukan perbandingan, pemetaan untung rugi, dan membangun opsi-opsi alternatif. 

 

2. Lakukan survey

Data yang menumpuk tidak akan ada gunanya apabila kamu tidak melihat kondisi real di lapangan. Lakukanlah survey ke lokasi yang disukai terlebih dahulu. Kalau perlu, hubungi call center di brosur dan atur pertemuan dengan marketing atau pengembang perumahan. Langkah ini wajib dilakukan ya!

 

3. Pertimbangkan lokasi

Setelah melakukan survei, pastikan lagi lokasi tersebut.Pertimbangan ini dilakukan saat hendak membeli rumah. Hal yang harus dipikirkan lagi antara lain akses transportasi, fasilitas umum yang ada di sekitar perumahan, lingkungan sekitar, dan prospek ekonomi kedepannya. Tentukan kebutuhanmu sebelum mempertimbangkan hal tersebut. 

 

4. Cek kapasitas pengembang

Tidak bisa dipungkiri, banyak berita berseliweran mengenai kenakalan pengembang yang merugikan konsumennya. Konsumen tipe ini sering kali ditawari rumah dengan harga lebih murah tapi fasilitas mewah. Oleh karena itu, jangan percaya begitu saja apabila sebuah rumah memiliki harga yang sangat miring. Sesuai dengan tips pada no.1, lakukan riset mendalam terhadap pengembang. Pastikan pengembang tersebut memiliki catatan kerja yang baik, bukan pengembang bodong.

 

5. Lakukan perbandingan

Untuk meningkatkan minat terhadap properti tersebut, lakukan perbandingan perumahan, terutama di lokasi yang sama. Bandingkan beberapa hal penting seperti harga dan fasilitas. Langkah ini bisa dilakukan apabila kamu memiliki informasi yang memadai dan survey langsung.

 

6. Pahami konsep perumahan

Tiap perumahan memiliki konsep yang beragam, disesuaikan dengan lingkungan sekitar dan permintaan pasar. Seperti contoh, terdapat konsep perumahan minimalis, modern, klasik, dan lain-lain. Pilihlah konsep yang sesuai dengan seleramu. Konsep yang tepat membuat kamu merasa nyaman tinggal di perumahan tersebut.

 

7. Lingkungan bersih dan fasilitas yang memadai

Lingkungan perumahan yang bersih adalah pertimbangan wajib bagi kamu yang saat ini sedang mencari rumah di kawasan perumahan. Lingkungan perumahan yang bersih akan mempengaruhi kesehatan penghuni rumah. Untuk mengecek kebersihan, kamu bisa memulai dari mengecek tempat pembuangan sampah dan saluran air.

 

Selain itu, cek juga fasilitas publik yang disediakan di rumah tersebut. Fasilitas penting yang bisa dipertimbangkan antara lain keamanan, tempat ibadah, tempat bermain anak, swalayan, dan lain-lain. 

Berikut adalah tips pemilihan perumahan yang tepat saat kamu ingin membeli rumah di kawasan ini. Simak terus berbagai artikel inspiratif mengenai rumah, konstruksi bangunan, dan desain interior/eksterior persembahan masterumah.id

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin