Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

10 Sep 2021

Inspirasi Desain - Kamar

Jangan Asal Pasang Cermin di Kamar, Pertimbangkan Faktor Feng Shui!

Dalam tradisinya, cermin memainkan peran penting dalam desain interior ruang di dalam rumah. Peran tersebut yaitu membuat merekayasa suasana ruang sehingga terlihat lebih lapang dan lega. 

 

Salah satu pemanfaatan cermin terjadi pada kamar tidur. Ruang ternyaman di rumah ini membutuhkan cermin. Tidak hanya membuat lega, cermin juga berfungsi bagi para penghuni kamar untuk melihat bayangan diri untuk mengecek kecocokan pakaian, mengecek bentuk tubuh, dan lain lainnya. 

 

Namun, memasang cermin di kamar tidak boleh asal-asalan. Berdasarkan ilmu feng shui, terdapat beberapa tips pemasangan cermin yang bermanfaat untuk menjaga energi positif di kamar. Saat tidur, energi yin atau dingin adalah energi yang terekam. Oleh karena itu, energi tersebut tidak boleh dibenturkan dengan "yang".

 

Berikut adalah beberapa saran yang berguna saat kamu sedang berencana untuk menyediakan cermin di kamar tidur:

 

1. Jangan hadapkan cermin ke depan kasur. 

Larangan ini mempertimbangkan bertabrakannya antara energi yin dan yang. Menurut ilmu fengshui, tabrakan energi ini membuat kamu akan tetap terjaga dan sulit tertidur.

 

2. Tidak boleh berseberangan dengan pintu


Jangan memasang cermin berseberangan dengan pintu. Hal ini akan membuat pantulan energi yang masuk ke kamar dari luar ruang.

 

3. Jangan saling hadapkan cermin


Lagi-lagi, jangan pernah memantukan energi yang berlainan bentuk. Ketika kamu meletakkan dua cermin dengan posisi saling berhadapan, maka hal tersebut dapat menciptakan pantulan energi yng sangat aktif dan menimbulkan kekacauan

 

4. Manfaatkan sudut kamar


Sudut kamar merupakan tempat terbaik untuk memantulkan cahaya dan melegakan ruang. Gunakan cermin berukuran lebar dan tinggi sebagai reflektor.

 

5. Berfungsi sebagai ornament dinding


Cermin tidak hanya berfungsi sebagai reflektor cahaya, tetapi juga dapat menjadi bagian dari desain interior. Untuk menjadi cermin menjad ornament, letakkan cermin di dinding yang lebar dan jangan pasang di tempat yang terlalu tinggi atau mendekati langit langit atap. 

 

Ilmu fengshui telah menjadi faktor penting proses desain interior hunian. Simak terus artikel mengenai desain interior dan penempatan ruang yang ideal persembahan masterumah.id

 

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin